BELUM DIRESMIKAN JEMBATAN GIRPASANG SUDAH RAMAI DILEWATI PENGUNJUNG

Jembatan Girpasang
Jembatan Girpasang / (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Ada yang baru di Klaten, Jawa Tengah. Jika kamu berkunjung ke Klaten, kamu bisa melihat jembatan gantung di dukuh terpencil di Girpasang.

 

Warga Klaten mengucapkan perasaan bahagia dan ucapan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi atas pembangunan jempatan ini. Melalui Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan jika jembatan Girpasang termasuk proyek yang sulit terwujud. Tapi berkat presiden dan jajarannya, kini sesuatu yang tidak mungkin itu manjadi mungkin.

Sri Mulyani menambahkan tahun 2019 jika menuju Girpasang warga harus menaiki 1001 anak tangga, namun kini diawal tahun 2022 berasa Berbeda dengan adanya jembatan gantung Girpasang. hanya butuh waktu dua menit bisa sampai ke dukuh Girpasang.

Meskipun pengerjaan sudah selesai dan belum diresmikan, jembatan gantung belum dibuka untuk umum. Saat ini masih dalam proses ujicoba. Para pengunjung yang melintas masih dibatasi 40 orang. Meski sudah selesai dibangun dan belum diresmikan, namun jempatan gantung yang terletak di Desa Tegalmulo ini sudah ramai dikunjungi. 

Jembatan gantung Girpasang membentang sejauh 120 meter di atas jurang sedalam 150 meter. Jembatan selebar 1,8 meter dengan tinggi pagar pembatas hampir 2 meter. Tower penahan beban atau pylon jembatan setinggi 12 meter. 

Jembatan Girpasang terletak di Desa Tegalmulyo, Kemalang, Klaten. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi jika melintasi jembaatan ini yaitu : 
- harus antri berurutan,
- hanya boleh maksimal 40 orang pada waktu bersamaan,
- tidak boleh berkelompok,
- dilarang bermain-main, berlari, dan berfoto atau selfie di Jembatan,
- dilarang bersandar di pagar pembatas,
- anak - anak Wajib dibawah pengawasan orang dewasa,
- dilarang menyeberang saat hujan deras atau banjir, 
- menjaga kerapihan dan kebersihan di area jembatan gantung, 
- serta roda tiga ke atas dilarang melintas.


 


LOKASI