10 MAKANAN PEKALONGAN YANG LEZAT JANGAN SAMPAI TERLEWAT

Menikmati makanan lezat khas Pekalongan yang jangan sampai terlewat.
Menikmati makanan lezat khas Pekalongan yang jangan sampai terlewat. / https://bolakeluarga.com/id/resep/kue-lumpang

Halo dolaners, jalan-jalan ke Pekalongan jangan sampai terlewat untuk mencicipi aneka makanan lezat. Untuk kamu pemburu kuliner, Kota Pekalongan tidak hanya punya nasi megono aja nih. Tapi ada banyak deretan makanan yang harus dicoba. Berikut adalah makanan khas Kota Pekalongan, mana aja nih yang udah pernah kamu coba?

 

1. Sego Megono

tribunnews

https://belitung.tribunnews.com/2020/06/03/nasi-megono-pekalongan-lezatnya-bukan-main-pas-untuk-menu-makan-siang-istimewa-di-akhir-pekan

Seperti yang sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat, sego megono atau nasi megono ini seringkali di rekomendasikan, untuk wajib dicicipi saat menginjakkan kaki di Kota Pekalongan. Nasi Megono ini merupakan makanan khas dari Kota Pekalongan, yang  terdiri dari sayur nangka muda yang dipotong kecil-kecil. Untuk lauk yang digunakan sebagai pelengkap bisa beraneka macam, salah satunya adalah aneka gorengan seperti tempe mendoan.

 

2. Tauto

Resep Tauto Pekalongan

https://resepkoki.id/resep/resep-tauto-pekalongan/

Tauto atau Taucho Soto merupakan olahan soto yang diberikan tambahan taucho. Berbeda dengan soto di wilayah lainnya, tauto ini special dan menjadi khasnya kota Pekalongan karena ada bumbu tertentu yang ditambahkan dengan sambal khas yang pedas. Seperti layaknya soto lainnya, tauto juga diberikan tambahan daging seperti suwiran daging ayam, maupun potongan daging sapi bahkan daging kerbau.

                                                                               

3. Pindang Tetel

Pindang Tetelhttps://sajiansedap.grid.id/read/10765426/aroma-menggoda-hadir-dalam-resep-khas-probolinggo-pindang-tetel

Sekilas makanan khas kota Pekalongan ini seperti olahan ikan layaknya pindang ikan pada umumnya. Berbeda dengan pindang ikan, makanan khas Pekalongan ini sangat unik karena pindang tetel ini  merupakan olahan potongan daging yang dimasak seperti rawon. Pada pindang tetel ini bumbu yang ditambahkan membentuk warna kecokelatan yang lezat, diberi tambahan kluwek atau kluak.

 

4. Kluban

https://www.reseproom.ga/2017/02/salam-jumpa-bersama-resep-pisi-linka.html

Kluban merupakan menu makanan yang hamper sering dimasak oleh masyarakat di sekitar Jawa Tengah. Biasanya, kluban dimasak untuk acara tertentu seperti syukuran atau acara lainnya. Seperti halnya dengan kluban khas pekalongan, yang menggunakan sayuran seperti sayur kol, kacang panjang, bayam, tauge, dan sayur kangkung yang telah direbus. Pada pengolahannya, sayuran-sayura tersebut direbus terlebih dahulu, ditiriskan dnegan menghilangkan air untuk kemudian dicamprkan pada olahan sambal parutan kelapa dengan memiliki rasa sedikit pedas atau sangat pedas.

 

5. Ongol-ongol

https://blog.tokowahab.com/resep-ongol-ongol-jajanan-pasar-yang-kenyal-dan-lembut/

Sekilas ongol-ongol akan terlihat seperti olahan singkong yang ditaburi parutan kelapa. Ongol-ongol merupakan camilan khas Pekalongan yang terbuat dari bahan dasar tepung sagu yang ditambahkan gula merah atau gula jawa untuk memberikan rasa yang manis sekaligus gurih dalam satu gigitan. Ongol-ongol merupakan camilan yang juga bisa mengenyangkan dalam jumlah tertentu, memiliki tekstur yang lembut.

 

6. Lontong Lemprak

Makanan Khas Pekalongan Lontong Lemprak

https://bosmeal.com/makanan-khas-pekalongan/

Lontong Lemprak, tidak hanya namanya saja yang unik. Makanan khas Pekalongan yang satu ini merupakan perpaduan dari beberapa olahan masakan seperti lontong opor dan soto. Lontong lemprak ini berbahan dasar ayam kampung yang telah digoreng dengan diberikan tambahan kuah dengan tekstur yang kental dan gurih. Kuah yang dituangkan diatas ayam kampung goring ditambahkan berbagai macam bumbu rempah sebelumnya. Tampilannya hampir terlihat seperti soto, namun ditambahkan potongan lontong untuk siap dinikmati.

 

7. Garang Asem

resep garang asem daging pekalongan

https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-garang-asem-daging-pekalongan-yang-lezat-dan-praktis

Garang Asem merupakan menu makanan khas Pekalongan selanjutnya, yang tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Hal ini karena, menu garang asem seringkali terlihat di stand venue makanan saat menggelar acara pernikahan di Jawa Tengah khususnya. Garang asem sendiri merupakan olahan potongan daging yang diolah dengan campuran kuah berbagai bumbu rempah dengan rasa yang sedikit asam, gurih dan perpaduan rasa pedas. Garang asam sangat lezat saat dinikmati dengan nasi hangat.

 

8. Apem Kesesi

Gambar

http://blogbarukubasajawa.blogspot.com/

Apem Kesesi merupakan salah satu camilan khas Pekalongan, seperti apem pada umumnya yang terbuat dari perpaduan gula aren menjadi sangat nikmat di kalangan masyarakat. Tak jarang, apem kesesi ini menjadi buah tangan yang selalu dibawa sebagai oleh-oleh. Apem kesesi memiliki tekstur yang lembut dan seikit kenyal dnegan rasa manis, berbentuk lebih pipih dibandingkan apem di wilayah lainnya.

 

9. Kue Lumpang

Kue Lumpang #JagoMasakMinggu6

https://www.yummy.co.id/blog/resep-komunitas/kue-lumpang-1

Camilan lainnya khas Pekalongan adalah Kue Lumpang, tidak seperti kue pada umumnya yang memiliki rasa cenderung manis. Kue Lumpang ini sangat unik, dengan rasa yang gurih. Kue Lumpang terbuat dari olahan perpaduan santan yang gurih, dimasak hingga mengental dan membentuk tekstur yang kenyal, lembut dan padat. Olahan kue lumping ini kemudian diberi taburan daun bawang dibagian atasnya.

 

10. Glundung

https://www.inibaru.id/kulinary/sarapan-nikmat-dengan-glundung-kudapan-tradisional-dari-pekalongan

Glundung merupakan camilan tradisional khas Pekalongan, yang memiliki bentuk bulat-bulat seperti namanya glundung (atau menggelinding) seperti bola. Glundung sendiri terbuat dari olahan ketela pohon, yang dibentuk bulat-bulat, didalamnya akan dimasukkan gula merah atau campuran gula merah dengan parutan kelapa. Rasa ketela pohon yang memiliki rasa gurih, berpadu dengan rasa manis yang akan terasa saat digigit.

Nah beberapa menu khas Pekalongan ini bisa menjadi rekomendasi yang cocok, khususnya untuk kamu pemburu kuliner yang menginjakkan kaki di Kota Pekalongan. Selain keindahan alamnya, Pekalongan juga kaya dengan kuliner yang memiliki cita rasa yang menggoda.

 


LOKASI