5 BINGKISAN YANG WAJIB KAMU BAWA DARI BANJARNEGARA

BIngkisan asal Banjarnegara yang wajib kamu bawa.
BIngkisan asal Banjarnegara yang wajib kamu bawa. / https://coffeeland.co.id/manfaat-dan-khasiat-kopi-biji-salak-untuk-kesehatan/

Banjarnergara merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah. Kota ini memiliki banyak kulineran yang wajib dijajal jika kalian pergi ke sini. Tetapi kurang afdol jika piknik tanpa membawa oleh – oleh. Berikut merupakan daftar rekomendasi oleh – oleh yang wajib dibeli jika kalian pergi ke Kota Banjarnegara.

 

1. Carica

Bagaimana cara membuat manisan carica?

https://www.wikipedieng.com/dieng/cara-membuat-manisan-carica/

Carica adalah pepaya yang tumbuh di daerahtertentu saja. Buah ini biasanya dimakan langsung atau diolah menjadi manisan, dibuat dalam bentuk sirup, atau dibuat menjadi keripik. Di Banjarnegara kalian tidak akan sulit untuk menemukan oleh – oleh carica di toko pusat oleh – oleh atau di pasar tradisional.

 

2. Kopi Biji Salak

https://coffeeland.co.id/manfaat-dan-khasiat-kopi-biji-salak-untuk-kesehatan/

Kopi Biji Salak ini adalah bubuk yang berasal dari biji salak yang diproses layaknya biji kopi dan penyajiannya juga tidak jauh berbeda. Kopi ini dikeringkan terlebih dahulu yang kemudian dilakukan proses sangrai agar mendapatkan biji yang hitam dan juga aroma yang khas dari biji salak. Di Banjarnegara kalian tidak akan sulit untuk menemukan kopi ini.

 

3. Purwaceng

Ilustrasi Purwaceng

https://health.kompas.com/read/2020/04/21/180000768/5-manfaat-purwaceng-selain-bisa-tingkatkan-kejantanan-pria?page=all

Tumbuhan berkhasiat obat anggota suku Apiaceae. Tumbuhan pegunungan ini terkenal karena khasiat afrodisiak  pada akarnya. Pada perkembangannya, akar biasanya diolah dalam bentuk bubuk, campuran kopi atau susu.

 

4. Batik Tulis Gumelem

Karya Seni Batik Tulis Gumelem Banjarnegara dan Ciri - Ciri Motif Batik

https://www.senibudayasia.com/2019/12/seni-batik-gumelem-banjarnegara.html

Batik Tulis ini dinamakan Gumelem yang membuat batik tulis ini yakni masyarakat Gumelem di kecamatan Susukan, Banjarnegara sendiri.Batik memang mudah ditemui di beberapa daerah di Indonesia, namun khas Banjarnegara ini dinilai sangat elegan karena corak serta motifnya begitu menarik dan klasik. Setiap motif serta corak yang digoreskan pada batik tersebut memiliki kisah cerita dan makna berbeda-beda.

 

5. Poci

https://id-id.facebook.com/Ukaceramic/

Poci atau teko kecil yang dibuattanah liat ini sebenarnya merupakan hasil karya masyarakat Klampok di Banjarnegara. Klampok memang terkenal sebagai penghasil gerabah poci terbaik di Jawa Tengah. Bahkan hasil karya Banjarnegara ini sudah diekspor sampai ke manca negara. Poci atau teko yang biasanya digunakan untuk menjamu tamu pada zaman kuno. Tetapi ada beberapa manfaat baik menggunakan poci yaitu menyimpan air dalam poci adalah cara terbaik karena poci tanah liat tidak hanya mendinginkan air, Air yang disimpan di poci tanah liat sangat lembut ditenggorokan jika meminumnya, dan Manfaat lain dari poci tanah liat adalah sifat basa dari tanah liatnya yang dapat berinteraksi dengan keasaman air dan memberikan keseimbangan pH yang tepat.


LOKASI

https://goo.gl/maps/p5CXWzaxw9borpku7