5 DESTINASI WISATA TAWANGMANGU PESONA ALAM MENAKJUBKAN

menikmati destinasi wisata menarik di Karanganyar.
menikmati destinasi wisata menarik di Karanganyar. / https://www.javaloka.com/jawa-tengah/karanganyar/candi-cetho/697/

Tawangmangu, merupakan salah satu daerah yang terletak di lereng Gunung Lawu. Memiliki suhu udara yang sejuk, membuat Tawangmangu menjadi salah satu destinasi yang banyak dicari, selain karena memiliki hamparan alam yang masih terjaga, suhu udara yang masih bersih Tawangmangu sangat cocok untuk refreshing, menghilangkan penat dan menepi sejenak dari sibuknya rutinitas sehari-hari. Berikut adalah destinasi wisata di Tawangmangu yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengalaman seru akhir pekanmu.

 

1. Rumah Atsiri Indonesia

Gambar

https://twitter.com/AgendaSOLO/status/1084340681789779968/photo/1

Rumah Atsiri merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Plumbon, Jalan Watusambang, Tawangmangu , Jawa Tengah. Rumah Atsiri merupakan wisata edukasi, yang lebih banyak berfokus untuk mengedukasi cara pembuatan minyak aromaterapi. Rumah Atsiri mulai di buka pada tahun 2018, dan hingga saat ini masih beroperasi dan buka setiap hari mulai jam 10.00 – 17.00 WIB. Seperti namanya, Rumah Atsiri banyak ditumbuhi berbagai macam tanaman dan bunga – bunga indah yang memiliki aroma khas dan wangi untuk bisa diolah kembali menjadi minyak dengan wangi khas aromaterapi. Pengunjung yang dating cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 50.000,- saja untuk menikmati keindahan Rumah Atsiri. Selain belajar mengolah tanaman dan bunga yang memiliki aroma khas pengunjung bisa berfoto di hamparan taman yang cukup luas.

 

2. Grojogan Sewu

grojogan sewu

https://pariwisataku.com/indahnya-grojogan-sewu-tawangmangu/

Terletak di dataran tinggi lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu memiliki suhu udara yang sangat sejuk. Pengunjung bisa mengunjungi Grojokan Sewu dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dengan hanya membayar Rp 17.000,- untuk bisa menikmati keindahan air terjunnya, kesegaran udara dan kesejukan airnya.

 

3. Kebun Teh Kemuning

 Pesona Kebun Teh Kemuning

http://harnas.co/2020/03/12/-pesona-kebun-teh-kemuning

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah kebun teh kemuning, yang terletak di Jl. Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Pengunjung bisa menikmati hamparan kebun the yang luas dan menyegarkan mata, tanpa mengeluarkan biaya. Pengunjung bisa menikmati kesegaran hamparan kebun teh mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB.

 

4. Telaga Sarangan

Mengintip Keindahan Telaga Sarangan Magetan yang Tertutup Kabut Gunung Lawu

https://www.inews.id/travel/destinasi/mengintip-keindahan-telaga-sarangan-magetan-yang-tertutup-kabut-gunung-lawu

Telaga Sarangan terletak di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan Tawangmangu, berada di ketinggian 1200 mdpl dengan memiliki luas wilayah 30 ha. Telaga sarangan ini memiliki kedalaman kurang lebih 28 meter. Di telaga ini, banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung sekedar melepas penat, tidak hanya itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan telaga dengan menaiki perahu yang telah disediakan untuk disewa. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 50.000,- pengunjung bisa menaiki perahu mengitari telaga. Nah dolaners, jangan lupa yah untuk mengunjungi telaga sarangan, ada di jam 08.00 – 18.00 WIB.

 

5. Candi Cetho

http://www.karanganyarkab.go.id/wp-content/uploads/2011/01/DSC_0220.jpg

Tawangmangu tidak hanya menyajikan wisata alam maupun wisata edukasi, ada juga wisata budaya. Candi Cetho merupakan salah satu wisata budaya yang bisa kamu kunjungi selanjutnya, terletak di Dusun Ceto Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi Karanganyar. Pengunjung hanya cukup membayar tiket masuk Rp 7.000,-. Candi Cetho dibuka  setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

 

 


LOKASI