5 GUNUNG TERTINGGI DI WILAYAH JAWA TENGAH MENYIMPAN JALUR RAHASIA

Deretan gunung tertinggi dan indah di Jawa Tengah.
Deretan gunung tertinggi dan indah di Jawa Tengah. / https://www.ideapers.com/2016/09/9-gunung-jawa-tengah-ini-jadi-favorit-pendaki-indonesia.html

Menikmati pemandangan alam dari ketinggian, dengan cuaca yang sejuk bahkan terbilang sangat dingin adalah hal luar biasa bagi para pendaki. Bisa menikmati senja dan berharap langit sedang bersih-bersihnya setinggi apapun gunungnya dan seberat apa rintangan yang akan dilalui nantinya akan tetap dilakukan bagi para pendaki sejati. Nah, buat kamu nih yang suka banget mendaki gunung mana aja nih yang udah kamu daki? Berikut adalah deretan gunung-gunung di Jawa Tengah yang tinggi.

 

1. Gunung Slamet

Gunung Slamet; Pendakian, Doa dan Harapan

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/01/05/gunung-slamet-pendakian-doa-dan-harapan

Gunung Slamet memiliki ketinggiam 3.428 mdpl, terletak di 5 wilayah sekaligus di Jawa Tengah yakni Brebes, Banyumas, Pemalang, Purbalingga dan Tegal. Gunung Slamet bisa dikatakan, merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Tidak hanya tinggi, Gunung Slamet ternyata merupakan gunung yang aktif di Jawa Tengah. Para pendaki yang berhasil mencapai puncaknya biasanya akan dihadapkan pada kawah yang masih aktif, mengeluarkan asap. Selain tinggi, gunung Slamet memiliki rintangannya sendiri seperti batu pasir dan kerikil yang cukup licin, tanpa adanya vegetasi dan pada kondisi tertentu sewaktu-waktu longsor.

 

2. Gunung Sumbing

Misteri Gunung Sumbing

https://ihategreenjello.com/misteri-gunung-sumbing/

Gunung selanjutnya adalah gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl. Gunung ini terletak di tiga wilayah seperti di Kabupaten Magelang, Wonosobo dan Temanggung. Uniknya, gunung Sumbing memiliki empat puncak yakni Puncak Buntu, Puncak Kawah, Puncak Sejati dan Puncak Rajawali. Pemandangan yang disuguhkan gunung Sumbing sendiri berupa kaldera, kawah yang masih aktif, kawah mati, lautan pasir, dan petilasan tokoh-tokoh setempat seperti Ki Ageng Makukuhan yang berbentuk nisan.

 

3. Gunung Lawu

Fenomena Gunung Lawu bertopi awan kembali terjadi pad Kamis pagi. Sejak pukul 05:00 WIB warga Magetan dan sekitarnya bisa melihat pemandangan yang indah saat awan berbentuk topi menaungu Puncak Gunugn Lawu.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/03/08461781/cantiknya-gunung-lawu-pagi-ini-puncaknya-tampak-bertopi

Gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah adalah Gunung Lawu, dengan ketinggian 3.265 mdpl. Terkait dengan lokasinya, Gunung Lawu terletak di tiga kabupaten diantaranya Karanganyar Jawa Tengah, Ngawi, serta Magetan Jawa Timur. Pucak dari gunung Lawu disebut Hargo Dumilah. Banyak yang mendaki Gunung Lawu tidak hanya sebagai pendaki untuk menikmati keindahan Gunung Lawu, beberapa diantaranya mendaki gunung Lawu untuk melakukan ritual dan berziarah. Hal ini banyak dilakukan dan dipercaya oleh masyarakat karena di Gunung Lawu inilah tempat Prabu Wijaya V sebagai Raja terakhir Majapahit moksa.

 

4. Gunung Sindoro

gunung sindoro

https://blog.tripcetera.com/id/gunung-sindoro/

Gunung tertinggi keempat adalah Gunung Sindoro. Gunung Sindoro kerap dijuluki sebagai gunung kembaran dari Gunung Sumbing. Gunung Sindoro sendiri memiliki ketinggian 3.153 mdpl. Gunung Sindoro memiliki jalur yang menyajikan luasnya kebun teh jika pendaki melalui jalur Kebun Teh Tambi di Wonosobo Bansari Temanggung.

 

5. Gunung Merbabu

https://mepauns.wordpress.com/2016/03/02/catatan-perjalanan-pendakian-gunung-merbabu-via-wekas-2016/

Gunung terakhir adalah Gunung Merbabu, yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Letak Gunung Merbabu berada di Boyolali, Semarang dan Magelang. Gunung Merbabu menyajikan pemandangan yang indah, khususnya saat cuaca sedang baik dan langit sedang bersih-bersihnya senja terlihat indah dari atas Gunung Merbabu. Gunung Merbabu memiliki 5 jalur pendakian resmi dari taman nasional, rasanya kurang jika mendaki Gunung tidak mencoba semua jalur pendakian resmi yang ada. Tertarik mencobanya, kamu bisa agendakan dan persiapkan lebih dini kesehatan dan peralatan pendakian agar tetap aman saat mendaki.


LOKASI