ANEKA BAKSO, GILINGAN DAGING BULAT DARI BERBAGAI NEGARA

Aneka bola-bola gilingan daging, dari beberapa negara.
Aneka bola-bola gilingan daging, dari beberapa negara. / https://www.shutterstock.com/image-photo/meatballs-tomato-sauce-frying-pan-on-1210607215

Olahan daging yang telah digiling dan dibentuk bulat-bulat layaknya bola ini, seringkali disajikan dengan berbagai tambahan bahan makanan lainnya. Menu bakso menjadi menu favorit di beberapa daerah di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi, ternyata bakso tidak hanya ada di Indonesia loh. Mau tau, bakso ada di negara mana aja? Ini dia beberapa negara yang juga memiliki menu bakso dengan nama-nama unik dan dengan ciri khas masing-masing.

 

1. Jerman

https://dirndlkitchen.com/wp-content/uploads/2017/10/DirndlKitchenKo%CC%88nigsbergerKlopse17-1200x640.jpg

Bakso asal Jerman ini sebelumnya dibuat oleh orang-orang Konisbeger, sebuah wilayah Prusia yang saat itu menjadi wilayah bagian Jerman yang saat ini merupakan daerah Polandia. Berdasarkan hal itu, bakso asal Jerman ini kemudian diberi nama Konisbeger Klopse Bakso asal Jerman ini, biasanya dibuat dari dua campuran daging giling. Biasanya, masyarakat setempat akan membuat Klopse dengan gilingan daging sapi dan daging babi. Berbeda dengan bakso dari Indonesia, Klopse dibuat dengan disiram saus yang terbuat dari anggur putih, krim asam, serta jus lemon. Untuk bahan dasar bakso sendiri selain daging giling, roti tawar dan tepung juga ditambahkan dalam bola-bola daging giling.

 

2. Swedia

stockholm trip - www.iamafoodblog.com

https://iamafoodblog.com/kottbullar-med-graddsas-swedish-meatballs-cream-sauce/

Bakso giling di Swedia disebut dengan Kottbullar dan cukup populer di kalangan masyarakat Swedia. Menariknya, tidak seperti bakso di Indonesia bumbu dan cara penyajiannya pun berbeda. Kottbullar biasanya disajikan dengan saus asam yang segar dan kentang ditambah potongan acar.

 

3. Lebanon

https://theviewfromgreatisland.com/wp-content/uploads/2012/02/Lebanese-Meatballs.jpg

Di Lebanon juga terdapat gilingan daging berbentuk bulat. Bakso asal Lebanon ini sangat menarik, tidak disajikan dengan kuah ataupun saus pedas melainkan disajikan dengan yoghurt. Menarik yah, gilingan daging yang telah dibentuk bulat-bulat dan dibumbui di goreng terlebih dahulu untuk kemudian disajikan dengan ypghurt, dan potongan daun selada.

 

4. Italia

Italian meatballs in a white pan

https://anitalianinmykitchen.com/italian-meatballs/

Bakso asal Italia masih sama, berupa gilingan daging yang dibentuk bulat. Bedanya, bakso di Italia terkenal cukup lezat karena bakso ini disajikan dengan saus Bolognese dan biasanya digunakan juga sebagai topping saat menikmati spageti. Wah nikmatnya.

 

5. Amerika Serikat

Easy Homemade Meatballs in Marinara: My Diary of Us

https://www.mydiaryofus.com/blog/2017/3/6/easy-homemade-meatballs-in-marinara

Amerika juga punya bakso sendiri nih, tetap dengan gilingan daging berbentuk bulat. Bakso di Amerika seringkali dijual dalam bentuk frozen food. Banyak orang Amerika yang kemudian membelinya di pusat-pusat perbelanjaan kemudian diolah sesuai dengan menu favorit mereka masing-masing. Ada yang digoreng, menjadi taburan pizza atau ada juga yang direbus.

 

6. Vietnam

Vietnamese Beef Noodle Soup (Pho Bo)

https://www.mccormick.com/gourmet/recipes/soups-stews/-vietnamese-beef-noodle-soup

Pho Bo, nama bakso dari Vietnam ini memiliki bentuk penyajian yang hampir sama dengan bakso di Indonesia. Dengan kuah, seledri dan mie. Tapi tetap saja ada yang beda, bakso asal Vietnam ini memiliki tambahan bumbu dan rempah lain seperti jahe dan cilantro dengan potongan jeruk nipis.

 

7. Meksiko

Albondigas soup made with beef meatballs, vegetables and potatoes.

https://www.dinneratthezoo.com/albondigas-soup/

Meksiko memiliki bakso dengan nama Albondigas, gilingan daging berbentuk bulat di Meksiko ini disajikan dengan kuah berasa asam tomat dan pedas lada yang cukup kuat ditambahkan dengan beberapa sayuran lainnya. Sehingga bentuk tampilan dari albondigas ini berwarna merah asam-asam pedas.

 

8. Korea

https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00172123.html

Bola bola daging khas Korea ini diberi nama Gogi wanja jorim, merupakan makanan yang cukup ekslusif karena biasanya dihidangkan di kerajaan-kerajaan. Gogi wanja jorim dari Korea Selatan ini memiliki penyajian dengan disiram saus pedas manis dan ditambahkan sedikit wijen diatasnya. Namun, masyarakat umum biasanya mencampurkan gogi wanja jorim ini dalam bibimbab untuk dinikmati.


LOKASI