NASI KEBULI ENAK DAN MURAH DI SEMARANG

Nasi Kebuli An-Najah
Nasi Kebuli An-Najah / Tripadvisor

Apakah kamu pecinta nasi kebuli? 

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis. 

Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia. Nasi kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah, tepatnya tradisi Hadrami Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Dalam kebudayaan Betawi, nasi kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik. 

Nasi kebuli dibuat dengan cara menanak nasi bersama kaldu kambing dan susu kambing (kadang diganti santan). Daging kambing ditumis dan dicampurkan ke dalam nasi dengan juga membubuhkan minyak samin untuk memberikan aroma yang khas. 

Bumbu-bumbu yang dihaluskan dan ditumis bersama nasi ini adalah bawang putih, bawang merah, lada hitam, cengkih, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, pala, dan minyak samin. Kemudian daging kambing dimasak bersama dengan nasi setengah matang ini hingga akhirnya benar-benar matang.

Daging kambing ini bisa diiris kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam nasi, atau digoreng dan disajikan terpisah. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan asinan nanas, kadang juga ditambahi sambal goreng hati.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan nasi kebuli enak dan murah di Semarang untuk sajian sarapan.

1. Nasi Kebuli Ibu Aminah
Nasi kebuli di sini terkenal dengan rasanya yang kuat akan rempah. Porsinya pas dengan harga yang murah. Cocok untuk sajian sarapan. Selain nasi kebuli juga bisa mencoba nasi tomat.

Nasi Kebuli Ibu Aminah berlokasi di Jalan Petek No 76, Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Kebuli Ibu Aminah buka mulai 06.00-20.00 WIB.

2. Nasi Kebuli An-Najah
Nasi Kebuli An-Najah terkenal dengan porsinya yang banyak. Selain itu rempahnya juga terasa dengan harga yang terjangkau. Jika kamu berniat mampir ke Nasi Kebuli An-Najah harus bersiap untuk antri.

Nasi Kebuli An-Najah berlokasi di Jalan Kp. Batik Tengah 482 004/002, Rejomulyo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Kebuli An-Najah buka mulai 07.00-17.00 WIB.

3. Nasi Kebuli Filistin

Nasi Kebuli Filistin - Banyumanik | dimanaja.com
Nasi Kebuli Filistin terkenal dengan bumbu rempahnya yang terasa. Pilihan lauknya juga beragam. Dari daging sapi, kembing, ayam dan telur. Harganya juga ramah di kantong.

Nasi Kebuli Filistin berlokasi di Srondol Wetan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Kebuli Filistin buka mulai 06.00-12.00 WIB.

4. Nasi Kebuli Jeddah Fatimah
Mesti tempatnya tersembunyi di dalam gang, Nasi Kebuli Jeddah Fatimah tak pernah sepi pelanggan. Nasi Kebuli Jeddah Fatimah terkenal dengan sajiannya yang enak dan murah. Porsinya pas dan cocok untuk sajian sarapan.

Nasi Kebuli Jeddah Fatimah berlokasi di Jalan Beton Mas I Jalan Tanah Mas Raya No 274, Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Kebuli Jeddah Fatimah buka mulai 06.00-21.00 WIB.

5. Nasi Kebuli Sopiyah
Nasi Kebuli Sopiyah terkenal dengan rempahnya yang terasa. Kombinasi acar, sambal dan telur bikin nagih, porsinya pas dengan harga yang murah.

Nasi Kebuli Sopiyah berlokasi di Jalan Petek Jalan Kp Cerbonan Besar No 680, Dadapsari, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Nasi Kebuli Sopiyah buka mulai 07.00-20.00 WIB.


 


LOKASI