DERETAN JAJANAN TRADISIONAL YANG MULAI LANGKA DITEMUKAN

Aneka jajanan tradisional
Aneka jajanan tradisional / https://resepmantan.blogspot.com/2018/12/10-resep-kreasi-klepon-yang-unik-nan.html

Jajanan khas Jawa dengan rasa yang unik dan tampilan yang menarik, sudah semakin jarang digemari. Trend makanan semakin bergeser, menjadi makanan dengan menu - menu modern. Tapi, masih banyak juga orang-orang yang rindu untuk sekedar mengingat masa kecil, melalui snack di masa lalu. Apa aja sih? Yuk kita simak !

1. Kue Coro Bikan / Carabikang

Kue-Bikang-Mawar

https://www.resepkuerenyah.com/cara-mudah-membuat-kue-bikang-bunga-mawar/

Mungkin anak muda saat ini tidak banyak yang tau kue coro bikan, makanan ini sudah mulai langka diperjual belikan dan tidak mudah ditemui. Kue coro bikan adalah kue yang biasa disajikan saat masyarakat Jawa Tengah menggelar hajatan atau acara-acara tertentu, berbentuk bunga dengan bahan tepung, gula pasir, dicampur dengan santan kental dan pewarna yang kemudian di cetak. Kue ini sangat nikmat jika disantap saat masih hangat karena teksturnya akan terasa lebih lembut. Di Surabaya, makanan ini biasa disantap di pagi atau sore hari yang dicungkil langsung dari cetakan saat sudah matang sehingga masih hangat dan terasa nikmat.

 

2. Cenil

Copyright: agrowindo

https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3777611/resep-cara-membuat-jajanan-tradisional-cenil

Makanan tradisional yang satu ini terlihat lucu dan menggemaskan, dengan bentuknya yang lonjong berwarna-warni dan memiliki tekstur yang kenyal. Cenil terbuat dari tepung kanji, ditambahkan dengan parutan kelapa dan biasa ditaburi dengan gula pasir. Cenil tidak hanya berbentuk lonjong, ada beberapa daerah yang membuat cenil dengan berbentuk kotak-kotak, dan tetap memiliki warna-warna yang menarik.

 

3. Wajik

4 Tips dan Cara Membuat Resep Kue Wajik Gula Merah Agar Hasilnya Enak dan Tidak Cepat Keras

https://doyanresep.com/resep-kue-wajik/

Wajik adalah makanan yang terbuat dari ketan yang direbus lama, menggunakan santan dan gula pasir ditambahkan aroma pandan dengan warna hijau atau arom jahe gula jawa dengan warna cokelat. Wajik yang sudah matang akan dipotong-potong, biasanya berbentuk persegi panjang. Wajik bagi masyarakat Jawa, biasa digunakan sebagai hantaran pernikahan atau snack saat mengadakan hajatan. Tidak banyak, tempat yang memperjual belikan wajik. Untuk penyajiannya, lebih baik wajik disantap saat hangat karena akan lebih kenyal dan lembut dibandingkan saat sudah dingin karena cenderung akan lebih keras.

 

4. Grontol

https://today.line.me/id/pc/article/Serba+Manis+11+Jajanan+Jadul+Ini+Buat+Nostalgia+Masa+Kecilmu-p3O6ZN

Grontol adalah salah satu jajanan tradisional yang tampaknya sudah semakin susah ditemukan, grontol sendiri adalah jagung yang direbus dengan bentuk seperti popcorn. Cara penyajiannya diberi parutan kelapa dan kinco. Kinco adalah gula jawa yang dilarutkan dengan tekstur yang kental dan diberi tambahan daun pandan agar lebih wangi. Tidak hanya itu, biasanya ada beberapa daerah yang menyajikan grontol ini dengan pelengkap yang lain seperti lopis, ketan putih, ketan hitam dan klepon.

 

5. Klepon

cara-membuat-klepon-ketan

https://caramembuat.id/cara-membuat-klepon-ketan/

Bagi pecinta ronde, mungkin tidak susah membayangkan rasa klepon. Hampir sama dengan ronde, klepon terbuat dari tepung beras, berbentuk bulat, berisi gula jawa dan biasanya berwarna hijau atau merah. Hal yang berbeda dari ronde, klepon disajikan dengan parutan kelapa dan tidak disajikan dengan air jahe layaknya wedang ronde. Klepon merupakan jenis snack tradisional dan salah satu bagian dari jajanan pasar. Biasanya, orang Jawa menyajikan klepon di acara hajatan. Klepon tidak jarang dijual dengan penyajiannya bersamaan dengan grontol, lopis, ketan putih dan ketan hitam disiram dengan gula jawa cair yang mengental disajikan diatas daun pisang. Wah menarik yah, kira-kira jajanan mana nih yang belum pernah kamu cicipi?


LOKASI