POHON PENGANTIN PESONA EKSOTIS DIBALIK MITOS MISTIS

Pesona alam Pohon Pengantin Salatiga dengan pemandangan epic.
Pesona alam Pohon Pengantin Salatiga dengan pemandangan epic. / @dandy.arya

Breezy and natural, mungkin dua kata itu yang paling cocok disematkan dalam cerita di setiap sudut kota Salatiga. Buat sobat dolanners yang hobi fotografi, atau mungkin bingung nyari spot landscape atau prewedding sett, kita punya rekomendasi lokasi yang well nih buat kalian di Salatiga. Pohon Pengantin atau masyarakat sekitar sering menyebutnya “watunganten” ini menyerupai  bonsai raksasa dibalut butir padi berkilauan di pematang sawah yang cukup manis dijadikan background set fotografi landscape yang memiliki kesan estetik.

Pohon Pengantin Salatiga, si Kesepian Pelanggeng Asmara Dua Insan

https://www.inibaru.id/adventurial/pohon-pengantin-salatiga-si-kesepian-pelanggeng-asmara-dua-insan

FYI sobat dolanners, Pohon Pengantin ini punya myth story yang cukup kental dimasyarakat sekitar loh! Konon katanya bonsai raksasa yang berumur ratusan tahun ini merupakan jelmaan dari sepasang pengantin yang hilang dilokasi tersebut.

“ya kalau katanya yang sesepuh disini sih ya, tuh pohon dulu ada dua, cumin adalagi mas yang bilang kalau lokasi kayu manten itu dulu ada yang datengin sepasang pengantin trus hilang gitu aja. Terus tahu – tahu ada aja tuh pohon. Ya saya orang baru sih ya, cumin cukup sering denger – denger dari sesepuh di paguyuban. Engga tau deh kenapa cumin satu, apa mungkin satunya selingkuh nyari pasangan baru apa gimana juga enggak tahu saya hahaha”ujar Aster Wijayanti H (34/P).

“nek sanjange priyayi sepuhe mriki to mas sing sering kumpul - kumpul, nggeh kados bapak – bapak ingkang luwih sepuh niku to mas, sanjange kayu manten niku kala riyin sejarahe wonten manten anyar to mas, tindak dugi mriku trus ical ngoten mawon. Nggeh sak derange emang kayu manten niku wonten kalih mas, istilahe lanang wedok.” Sambung Syafrudin (43/L).

Terlepas dari itu, keindahan Pohon Pengantin tetap jadi interest bagi tiap pengunjung yang datang. Meskipun belum termasuk destinasi yang konsrvatif, namun Pohon Pengantin layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata yang palig recommended nih sobat dolanners.

Buat  kalian sobat dolanners yang mengenal kota Salatiga, pasti enggak akan sulit menemukan lokasi Pohon Pengantin. Berada tak jauh dari pemukiman warga lebih tepatnya di desa Pulutan, kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Buat kalian yang akan melintasi Kota Salatiga dari arah jalur Semarang - Surakarta, rute menuju Pohon Pengantin setelah tugu selamat datang Kota Salatiga, ambil arah timur dari Jl. Fatmawati menuju Jl. Diponegoro melintasi Jl. Blotongan dan Jl. Nasional 16 sekitar 3 km. Setelah itu belok kanan ke Jl. Siranda sekitar 350 m lokasi berada di kanan jalan.


LOKASI

https://goo.gl/maps/51BVWGv7zxE1kxnW7