RESEP MEMBUAT ES GEMPOL MANIS, KULINER LEGENDARIS

Menikmati es gempol pleret buatan sendiri, manis citarasa legendaris.
Menikmati es gempol pleret buatan sendiri, manis citarasa legendaris. / https://www.masakapaya.com/resep/es-gempol-pleret

Kini jajanan tradisional mulai ditinggalkan oleh para penggemarnya.Tidak heran jika banyak kuliner enak susah ditemukan. Salah satunya adalah Es Gempol, minuman khas Jawa Tengah yang terdiri dari adonan tepung beras berbentuk bulat, gula pasir atau jawa serta santan cair. Nah bagi  kamu yang sudah rindu dengan es gempol, coba saja mampir ke Semarang. Masih ada kedai serta pedagang kaki lima yang menjua l minuman satu ini.

Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan dari hasil rebusan santan dengan tambahan gula. Minuman es ini tidak begitu diketahui asal usulnya. Sebagian orang ada yang mengatakan kalau es gempol adalah sajian minuman yang berasal dari daerah Semarang, Solo, Jepara dan Jakarta. Namun yang jelas sajian minuman yang satu ini memang asli nikmat dan patut untuk dicoba.

Es Gempol Pleret foto resep utama

https://cookpad.com/id/resep/7161202-es-gempol-pleret

Es gempol cukup popular di Semarang. Menyegarkan dan cukup bikin kenyang, es gempol berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang diuleni bersama bahan perlengkap lain seperti garam kemudian dibentuk bulat dan direbus. Kuah es gempol sendiri memadukan gula pasir, garam, santan, dan daun pandan. Saat penyajian jangan lupakan es batu untuk memberi sensasi dingin menyegarkan.

Bahan-bahan untuk mebuat es gempol :

  • 27 gr tepung sagu
  • 180 gr tepung beras
  • ½ sdt garam
  • 210 cc air mendidih
  • 1 liter santan
  • 310 gr gula merah
  • 3 helai daun pandan
  • ½ sdt garam
  • Es batu secukupnya

Cara mebuat es gempol :

  1. Padukan tepung beras dengan garam lalu aduk merata.
  2. Siramkan air mendidih pada tepung beras di atas lalu aduk merata.
  3. Tambahkan tepung sagu dan uleni sampai menjadi adonan kalis
  4. Pulung adonan sebanyak 2 gr lalu tekan - tekan pada bagian tengahnya. Begitu seterusnya, untuk variasi anda dapat mencampurkan adonan dengan pewarna makanan.
  5. Adonan yang sudah dipulung selanjutnya dimasukkan kedalam rebusan air mendidih. Tunggu sampai adonan mengapung ke permukaan lalu angkat dan tiriskan.
  6. Berikutnya membuat kuah untuk pelengkap adonan yang sudah direbus matang tadi dengan cara merebus santan bersama tambahan gula pasir, sisiran gula merah, daun pandan dan garam. Aduk merata dan rebus sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  7. Letakkan adonan yang sudah direbus matang tadi pada mangkuk saji lalu siram dengan rebusan santan dan serutan es batu
  8. Es gempol siap dinikmati.

LOKASI