10 TEMPAT WISATA DI KEBUMEN YANG BISA DINIKMATI KEINDAHANNYA

Pantai Menganti
Pantai Menganti / Dolan Yuk

Kebumen merupakan sebuah wilayah yang terletak di Jawa Tengah. Kebumen memang tidak pernah lepas dari keindahan alamnya yang masih asri. Gak hanya tentang alam saja, banyak destinasi yang punya bangunan ikonik juga.

Kebumen merupakan satu permata tersembunyi di Jawa Tengah. Berada di sisi selatan pulau Jawa, destinasi wisata di Kebumen didominasi pantai. Namun demikian, kabupaten yang berjarak sekitar 101 kilometer dari Yogyakarta ini juga memiliki daya tarik wisata lain yang tidak kalah keren.

1. Waduk Sempor

Sejarah Hari Ini (1 Maret 1978) - Waduk Sempor, Mata Air Kehidupan Kebumen

Pesona Waduk Sempor, Kebumen, Jawa Tengah. © Shutterstock/ariesdp

 

Waduk atau Danau Sempor merupakan danau buatan yang berada di utara Kota Gombong, lebih tepatnya di Desa Sempor, Kebumen, Jawa Tengah. Waduk ini merupakan tempat yang menawarkan kesejukan, serta pemandangan matahari terbit yang indah.

2. Pantai Pecaron

Pantai berpasir hitam yang ada di Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kab. Kebumen ini disebut dengan surga tersembunyi di Kebumen, posisi pantainya pun diapit oleh dua tebing hijau yang menjulang tinggi dan kokoh. Batu karang serta batu-batu hitam yang besar turut menghiasi hamparan. Tambahan keindahan ombak yang cukup jernih membentuk gulungan di pesisir Pantai Pecaron, bakal nambahin suasana syahdu 

3. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung ?? HTM, Rute, Foto & Ulasan Pengunjung

Pantai Karang Gung terbilang kondang di kalangan masyarakat lokal karena memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini terletak di Argopeni Kec. Ayah, Kab. Kebumen.

Jika biasanya kamu akan menemukan pantai pantai yang berbatasan dengan air lautnya, maka di pantai Karang Agung akan menyajikan pemandangan berbeda. Ombak pantai akan langsung bertemu dengan bebatuan yang ada di sekitar pantai.

4. Pantai Menganti

Wajib Dikunjungi, Pesona Tersembuyi Keindahan Pantai Menganti di Kebumen »  Garuda Jateng

Pantai Menganti yang beralamat di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen juga punya landscape yang hampir mirip dengan pantai di Bali. Saking indahnya, pantai Menganti ini sering disebut sebagai pantai terindah di Jateng.

Daya tarik pertama dari Pantai Menganti adalah pasir putihnya. Perpaduan warna antara pasir putih, laut biru, dan hijaunya pepohonan di tebing-tebing adalah kombinasi warna yang memikat mata. Pantai Menganti dikelilingi oleh tebing-tebing kars yang menjulang tinggi. Tebing-tebing kars tersebut dinamai tebing Bidadari oleh warga sekitar. Tebing Bidadari membuat Pantai Menganti ibarat harta karun tersembunyi yang tertutup jajaran tebing-tebing.

5. Bukit Pranji

WISATA ALAM "BUKIT PRANJI" KEBUMEN - DUNIA TERINDAH

Bukit Pranji yang menawarkan panorama alam menakjubkan. Bukit ini terletak di Krajan, Watulawang, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen.

Pemandangan dari atas bukit yang disuguhkan akan membuat kamu takjub. Tempat ini cocok bagi pendaki danhiking pemula.

6. Curug Silancur

Curug Silancur - Yuk Piknik

Curug atau air terjun Silancur yang berlokasi di Pujegan, Wadasmalang, Karangsambung, Kabupaten Kebumen ini menjadi andalan wisata Kebumen yang juga menarik wisatawan asing.

Meski belum terlalu ramai wisatawan tetapi soal keindahan tak perlu dipertanyakan lagi. Objek wisata Kebumen yang satu ini juga tak pernah sepi karena untuk mencapainya memang membutuhkan perjuangan ekstra.

7. Goa Jatijajar

Gua Jatijajar | WISATAJATENG.COM

Wisata ke gua ini beragam daya tarik bisa disaksikan. Selain tentu keindahan gua, sejarah dan diorama yang unik. Berikut daya tarik wisata yang bisa didapat di gua ini.

Goa Jatijajar merupakan situs geologi di Kebumen yang terbentuk dari proses alami. Goa ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang kurang lebih 200 meter. Menurut sejarah, goa ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani. Goa ini ada di Jalan Jatijajar, Palamarta, Jatijajar, Ayah, Kabupaten Kebumen

8. Arung Jeram Padegolan

Arung Jeram Padegolan

Image Credit: Gucioutbound.com

 

 

 

Terletak di Desa Sedang Dalem, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, wisata Aarung Jeram Padegolan ini merupakan kegiatan yang menantang dan juga mengundang bahaya.

Sehingga wisata ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman berbeda dan pemberani. Sungai Padegolan menjadi favorit para wisatawan karena rutenya yang bervariasi.

9. Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck

Image Credit: Memecomic.id

 

Tempat wisata seperti Benteng Van Der Wijck ini bisa dibilang sebagai tempat wisata sejarah. Sebab, ada sebuah bangunan bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda dan masih berdiri kokoh sampai sekarang. Bangunan ini berwarna merah merona yang awalnya memang dibangun untuk barak militer dan ditujukan agar bisa meredam perlawanan pasukan Diponegoro.

Namun saat ini kompleks benteng  yang ada di jalan Sapta Marga Nomor 100, Gombong, Sidayutengah, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, dijadikan sebagai sekolah calon tamtama dan barak militer TNI AD. Benteng Van Der Wijck berada di Kecamatan Gombong yang jaraknya sekitar 35 km dari pusat Kota Kebumen. Ada bagian lain dari benteng ini yang dimanfaatkan untuk objek wisaata lengkap dengan taman bermain dan juga kereta mini.

10. Bukit Hood

Serunya Bertualang di Bukit Hud Kebumen - Bambang Irwanto Ripto

Bukit satu ini menawarkan pemandangan dari ketinggian 150 mdpl. Jika kamu berkunjung ke Bukit Hood, kamu bisa duduk di anjungan dan melihat garis pantai yang begitu panjang. Pemandangan yang ditawarkan di bukit ini sangat mempesona.



 


LOKASI