BAGIAN DALAM MUSEUM PALAGAN AMBARAWA

Museum Palagan Ambarawa
Museum Palagan Ambarawa / Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

Monumen Palagan Ambarawa adalah sebuah monumen yang terdapat di Ambarawa, tepatnya di Jalan Mgr Sugiyopranoto, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Monumen ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974, dan dibangun sebagai simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12-15 Desember 1945.

Monumen ini merupakan simbol untuk mengenang sejarah pertempuran Palagan Ambarawa pada tanggal 12 Desember - 15 Desember 1945 Ambarawa. Pasukan Sekutu yang terdesak dari Magelang mengadakan pengunduran ke Ambarawa, dan pasukan TKR yang dipimpin Kolonel Soedirman berhasil menghancurkan Sekutu pada tanggal 15 Desember 1945, di mana kini diperingati sebagai Hari Infanteri.

Di Monumen Palagan Ambarawa dapat melihat benda-benda bersejarah uang merupakan peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda. Museum ini memiliki koleksi-koleksi berupa senjata yang digunakan saat pertempuran Ambarawa, lukisan yang menggambarkan kondisi saat pertempuran tersebut, empat buah meriam yang usianya sama dengan usia Negara Indonesia, truk buatan Amerika Serikat yang mengangkut pasukan saat pertempuran Ambarawa, lokomotif kereta api buatan Jerman yang merupakan alat transportasi saat peperangan, serta pesawat mustang cocor merah yang dahulu sangat ditakuti tentara dan jatuh di Rawa Pening.

1. Museum Isdiman

Monumen Palagan Ambarawa - Tribunnewswiki.com Mobile

Di dalam museum ini disajikan benda-benda peninggalan pertempuran. Seperti senjata yang digunakan saat pertempuran Palagan Ambarawa. Di dalam museum juga terpampang lukisan panjang yang menggambarkan kondisi saat Pertempuran Palagan Ambarawa.

Tak hanya itu saja, di dalam Museum Isdiman juga terdapat sebuah maket denah wilayah Ambarawa. Di sini pengunjung juga dapat melihat foto-foto para pejuang Pertempuran Palagan.

2. Meriam

Monumen Palagan Ambarawa Wisata Sejarah Lengkap Agustus 2021 - TravelsPromo

Di Monumen Palagan Ambarawa, pengunjung juga dapat melihat langsung jenis-jenis meriam yang digunakan saat pertempuran. Salah satunya ialah meriam anti tank yang merupakan buatan Inggris.

Usianya pun sudah setara dengan usia negara Indonesia ketika merdeka.Semantara itu, terdapat meriam gunung buatan Swedia. Di Monumen Palagan Ambarawa terdiri atas empat buah meriam.

3. Pesawat Mustang Cocor Merah

Legenda Cocor Merah, Pesawat Pemburu Milik TNI

Salah satu benda bersejarah yang unik ialah pesawat mustang cocor merah. Di Monumen Palagan Ambarawa, pengunjung dapat melihat langsung bentuk asli pesawat mustang cocor merah.

Pesawat mustang cocor merah ini merupakan pesawat buatan pabrik Gaveller Aircraft Corporation. Pesawat ini merupakan jenis pesawat pemburu yang memiliki berat 7000 kilogram. Pada saat itu pesawat ini sangat ditakuti oleh pasukan TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Namun pasukan TKR akhirnya berhasil menembak pesawat mustang yang kemudian tenggelam di Rawa Pening.

4. Truk

Merunut Jejak Pertempuran Dahsyat di Ambarawa Halaman 1 - Kompasiana.com

Selain itu juga terdapat truk buatan dari Amerika Serikat. Truk tersebut memiliki berat 4 ton yang digunakan untuk mengangkut pasukan saat Pertempuran Palagan. Terdapat dua truk yang ada di Monumen Palagan Ambarawa. Truk tersebut dibuat sejak tahun 1941.

5. Kereta Api Lokomotif

Kereta api lokomotif di Monumen Palagan Ambarawa.

Di Monumen Palagan Ambarawa juga terdapat sebuah kereta api lokomotif. Kereta api lokomotif tersebut merupakan kereta tahun 1902.


 


LOKASI