BERMACAM KEGIATAN YANG BISA KAMU LAKUKAN DI GRAND MAERAKACA SEMARANG

Salah satu sudut obyek wisata Grand Puri Maerokoco, Kota Semarang yang terlihat eksotik.
Salah satu sudut obyek wisata Grand Puri Maerokoco, Kota Semarang yang terlihat eksotik. / (foto: istimewa)

Grand Maerakaca merupakan obyek wisata yang terletak di Jalan Anjasmoro, Tawangsari, Semarang, Jawa Tengah. Obyek wisata ini dulunya dikenal sebagai Puri Maerakaca. Puri Maerakaca sering disebut sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah. Obyek wisata ini merupakan taman miniatur Provinsi Jawa Tengah yang menawarkan rumah adat dari 35 kabupaten di Jawa Tengah dan berbagai wahana lainnya. Kawasan wisata tersebut merupakan bagian dari pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jawa Tengah.

Dilansir dari website resmi PRPP Jawa Tengah, berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa dicoba di Grand Maerakaca: 
Belajar budaya Jawa Tengah
Grand Maerakaca memiliki atraksi menarik berupa anjungan yang mewakili 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Anjungan tersebut memperlihatkan rumah adat dan berbagai kerajinan tangan asal masing-masing kabupaten. 

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan foto obyek wisata, pakaian tradisional, serta makanan khas dari setiap daerah. Anjungan ini cocok bagi wisatawan yang ingin belajar dan lebih mengenal kebudayaan asal Jawa Tengah. 

Anjungan Jawa Tengah dibuka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya. 

Menjelajahi hutan mangrove


Hutan mangrove bukanlah sesuatu yang baru di Grand Maerakaca. Hutan tersebut sudah tumbuh rimbun dan subur di kawasan sungai yang melintasi obyek wisata tersebut. Pada tahun 2017 silam, pihak pengelola membangun sebuah trek dari bambu dengan panjang 135 meter (m) melintasi hutan manrove tersebut. Sejak saat itu, atraksi trekking mangrove pun dibuka. Wisatawan dapat berjalan-jalan di jalur buatan tersebut dan menikmati rimbunnya pohon mangrove di sekitar sungai yang berair tenang.

Berkeliling Grand Maerakaca

PRPP Semarang Tiket & Berbagai Anjungan Unik Oktober 2021 - TravelsPromo
Wisatawan juga dapat berkeliling melihat hutan mangrove menggunakan jalur air. Pihak pengelola menyediakan perahu bagi para pengunjung. Wisatawan akan diajak berkeliling miniatur Laut Jawa. Mereka juga akan dihibur dengan atraksi bandeng yang meloncat di sungai tersebut. Ada pula kereta mini yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling dan mengenal anjungan.

Berburu spot foto

Grand Maerakaca, Semarang, Jawa Tengah DOK. prppjawatengah.com
Pengunjung dapat menemukan beragam tempat foto menarik di Grand Maerakaca. Salah satunya adalah Kafe Jembatan Harapan dan Wall of Hope.  Wisatawan juga bisa mengunjungi Spectamata Foto 3D. Di wahana yang satu ini, mereka dapat menemukan poster tiga dimensi yang menarik untuk foto. Spot tersebut digemari wisatawan yang berkunjung ke Grand Maerakaca.

Mengunjungi Jateng Science Center
Belajar bukan lagi hal yang membosankan, melalui wahana yang satu ini anak – anak diajak belajar dengan menyenangkan. Jateng Science Center, wahana edukasi yang menjadi favorite anak – anak ini menyediakan perlengkapan edukasi yang lengkap, dari alat peraga science sampai dengan outbond dan wahana kreativitas yang membuat anak Anda betah belajar sambil bermain.

Outbound
Selain belajar di Jateng Science Center, anak-anak juga bisa melakukan aktivitas fisik berupa outbond. Pengunjung akan diajak berpetualang melewati jaring laba-laba, menyeberangi jembatan gantung, dan masuk ke dalam terowongan gantung. 

Fasilitas yang tersedia di area ini membantu anak meningkatkan keberanian dalam menghadapi tantangan. Selain itu, wahana yang disiapkan juga baik untuk melataih motorik serta merangsang kreativitas anak. 

Untuk berkunjung ke Grand Maerakaca, wisatawan perlu membayar tiket masuk dengan harga mulai dari Rp 15.000 per orang. Obyek wisata ini buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Aktivitas Menarik Saat Wisata ke Grand Maerakaca, Jelajah Hutan Mangrove"


LOKASI