DESA WISATA PAKIS LIMBANGAN, WISATA BARU DI KENDAL

Desa Wisata Pakis Limbangan
Desa Wisata Pakis Limbangan / FB @desa.pakis


Awalnya tidak menyangka jika monumen selamat datang Desa Pakis Kecamatan Limbangan menjadi favorit untuk Selfie. Tidak hanya wisatawan lokal namun juga ada beberapa artis yang pernah Selfi disana.

Sekretaris Desa Pakis Kecamatan Limbangan Arif Wicaksono Senin (4/1/2021) mengaku pihak desa awalnya hanya membuat monumen selamat datang, namun karena posisinya berlatar belakang gunung Ungaran justru menjadi indah. Posisi ini juga strategis di jalan Boja-Sumowono sehingga banyak orang sekedar mampir dan berfoto.

“Diantara para wisatawan beberapa artis pernah Selfi disana diantaranya Nikita Mirzani dan Raul Remos suami Krisdayanti dan tentu saja Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo,” ujar Arif.

Karena menjadi tempat favorit pihak desa berencana mendirikan beberapa gazebo di belakang menjadi monumen. Gazebo yang akan di buat akan didirikan di atas persawahan. “Kami akan mendirikan gazebo tapi posisinya diatas sawah sehingga tidak mengganggu sawah karena masih produktif, rencana akan kami kerjakan di awal tahun 2021,” lanjutnya.

Agus Wahyudi seorang pengendara sepeda motor mengaku meski sudah beberapa kali Selfi, namun selalu ingin Selfi terus karena suasana dan tempatnya yang menarik. “Posisinya strategis saya mesti mampir dan foto bersama teman-teman,” ujar Agus. 

RUTE KE DESA WISATA PAKIS

Desa Pakis berlokasi di sisi barat daya Gunung Ungaran. Kalau dari Semarang, kamu bisa mulai bersepeda melalui Jalur Boja-Sumowono. Ehm, lumayan jauh sih. Tapi, justru inilah yang membuatnya seru. Ha-ha. Mulai dari Bandungan saja deh, ya! 

Dari Bandungan, melajulah ke arah Boja. Namun, berhati-hatilah. Jalur Bandungan-Boja cukup tinggi dan curam, berkelok-kelok pula. Jadi, pastikan kondisi sepeda cukup baik, sistem pengereman juga aman. Keamanan adalah yang utama. Maka, kalau rem sepeda blong, plis urungkanlah saja!

Jalur Bandungan-Boja memang tampak jauh, namun tidak akan terasa karena kita akan dimanjakan oleh pepohonan yang memenuhi jalan samping kanan dan kiri, permukiman warga yang bersahaja, dan udara yang super-segar. 

Wilayah Desa Pakis ditandai dengan sebuah monumen selamat datang dengan latar sawah nan luas dan perbukitan yang tampak hijau. Kalau tidak berkabut, punggung Gunung Ungaran juga akan terlihat jelas dari situ.

Posisi monumen ini persis di pinggir jalan Boja-Sumowono, jadi tidak akan tersesat.  Dari lapangan sepak bola ini, kita bisa turun untuk menikmati pemandangan sawah dengan sistem terasering yang dibelah oleh sungai yang jernih dan menyegarkan. Gemericik air sungai di situ dipastikan bakal bikin suasana sejuk. Kalau pengin menepi dari ingar-bingar, sudah benar kamu berada di tempat itu.

Desa Pakis cukup sering hujan, jadi pastikan untuk melihat perkiraan cuaca sebelum ke sana. Jangan sampai, demi piknik gratis ke Desa Pakis, gowes tipis-tipis kita diganggu oleh gerimis.

 

 


LOKASI