EXPLORE KEINDAHAN DANAU RAWA PENING

Rawa Pening
Rawa Pening / Foto by Instagram.com/davidylnt

Rawa Pening Rawa Pening merupakan salah tempat wisata di Semarang. Rawa Pening merupakan danau alami dengan luas 2.670 hektar yang terletak di empat wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang, yaitu: Kecamatan Bawen, Ambarawa,  Tuntang, dan Banyubiru. Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Rawa Pening berada di cekungan antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Hampir setengah dari luas Rawa Pening dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondhok. 

Rawa Pening dikelola secara mandiri oleh warga setempat; penduduknya terdiri dari nelayan dan petani yang bekerjasama dalam mengembangkan wilayah ini, sehingga menjadi objek wisata baru di Kawasan Wisata Semarang. Wisatawan dapat mencoba mengitari Rawa Pening dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, yakni sebesar Rp. 30.000,- saja untuk berkeliling Rawa Pening selama 40 menit. 

Wisatawan juga dapat menikmati Kampung Rawa serta rumah makan apung. Selain itu, tersedia juga wahana bermain, seperti becak mini, perahu karet, bebek air, serta wisata perahu yang mengelilingi danau Rawa Pening. Objek wisata Rawa Pening mulai dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 9 malam. Biaya tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp. 2.500,- per orang. Biaya yang sangat murah.

 

 


LOKASI