INDAHNYA PENDAKIAN GUNUNG UNGARAN VIA PERANTUNAN

Puncak Bondolan Gunung Ungaran
Puncak Bondolan Gunung Ungaran / IG @perantunan

Gunung Ungaran adalah salah satu gunung favorit di Jawa Tengah yang menjadi favorit pendaki. Gunung yang berlokasi di Kabupaten Semarang ini jadi favorit disebabkan salah satunya karena aksesnya yang mudah dijangkau dari tiap penjuru mana.

Setelah ditutup karena adanya PPKM, kini pendakian Gunung Ungaran via Peratunan kembali dibuka untuk para wisatawan. Pembukaan kembali pendakian ini diinformasikan oleh salah satu petugas Basecamp Pendakian Gunung Ungaran via Perantunan bernama Widodo, Selasa (31/8/21).

Pendakian Gunung via Peratunan terbuka untuk 85 pendaki perhari. Sebelum melakukan pendakian, wisatawan diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi formulir pendakian yang ada di akun Instagram resmi pendakian Gunung Ungaran via Perantunan di @perantunan. Sertifikat vaksin bisa ditunjukkan melalui whatsapp dan dilampirkan bersama formulir registrasi.

Gunung Ungaran memiliki beberapa jalur pendakian resmi di antaranya via Mawar, Gedong Songo, Medini, dan yang terbaru adalah Perantunan. Jalur pendakian via Perantunan ini menggeser predikat jalur pendakian via Mawar sebagai jalur favorit dan tercepat.

Dilansir dari Brisik.com jalur pendakian via Perantunan jarak tempuhnya relatif lebih cepat dibanding via Mawar. Jika via Mawar dibutuhkan 4 jam perjalanan pendakian, maka via Perantunan hanya dibutuhkan 3 jam perjalanan saja dari basecamp.

Gunung Ungaran dikenal memiliki tiga puncak dengan lokasi terpisah, yaitu Puncak Banteng Raider, Puncak Bondolan, dan Puncak Botak sebagai puncak tertingginya di ketinggian 2050 mdl. Puncak yang dicapai saat mendaki via Mawar adalah puncak Banteng Raider, sedangkan jika mendaki via Perantunan akan melalui dua puncak sekaligus yaitu Puncak Bondolan dan Puncak Botak. 

Pendakian via Perantunan semakin banyak diminati, karena pemandangan yang terpampang di jalur Perantunan juga disebut lebih indah dengan pemandangan seluruh gugusan gunung di Jawa Tengah dapat terlihat di kejauhan, serta rerumputan alang-alang hijau di sepanjang menuju puncak menjadi spot foto menarik untuk dilihat.

Untuk rute perjalanan, dari arah manapun arahkan perjalanan menuju Bandungan. Setelah masuk pintu gerbang masuk Bandungan, ikuti jalan terus sampai Pasar Bandungan. Sesampainya di pasar, ambil perjalanan menuju ke atas arah Susan Spa Resort, namun ambil rute lurus dan ikuti papan petunjuk sampai Perantunan.

Akses jalan sampai basecamp hanya bisa dilewati kendaraan kecil. Untuk kendaraan roda empat disediakan parkir di sebelah makam dan menggunakan jasa ojek warga untuk sampai puncak.

Melalui jalur Perantunan ini, pendaki akan melintasi 4 Pos pendakian. Namun perlu diingat, jika melalui jalur ini, pendaki tidak akan menemui sumber mata air, jadi pendaki harus mempersiapkan bekal air mineral secukupnya.

Pos 1 Watu Omah
Untuk mencapai pos 1, perjalanan yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit dengan tempo jalan santai.

Pos 2 Watu Jajar
Dari pos 2, cukup 15 menit saja waktu tempuhnya dari pos 1.

Pos 3 Watu Srumpuk
Rute ini sudah mulai agak menanjak dan untuk waktu tempuh sekitar 30 menit dari pos 2.

Pos 4 Kolo Keciko
Dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk sampai di pos 4 dari pos 3. Pos ini adalah pos terakhir dengan vegetasi pepohonan, sebelum vegetasi terbuka yang menandai puncak sudah dekat. Setelah pos ini, akan ada pertigaan dan untuk menuju Puncak Bondalan dan Botak ambil rute ke kiri.

 

 


 


LOKASI