INDAHNYA KEBUN TEH KEMUNING PENINGGALAN BELANDA

Kebun Teh Kemuning
Kebun Teh Kemuning / (DODY WIRASETO)

Wisata alam telah lama menjadi daya tarik Kabupaten Karanganyar. Selain hiking ke Gunung Lawu, Kebun Teh Kemuning yang berada di lereng Gunung Lawu makin ramai sebagai pilihan berwisata agrowisata bersama keluarga.

Hamparan kebun teh yang asri dan menyejukkan mata menyambut wisatawan yang memasuki wilayah Kebun Teh Kemuning di desa Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Udara yang cukup dingin dan suasana yang nyantai membuat kawasan ini dipilih sebagai tempat berlibur bagi mereka yang suka wisata di pegunungan tapi tak ingin hiking.

Kebun Teh Kemuning dulu dibuka oleh pemerintah Belanda tapi kini telah berkembang sebagai agrowisata. Selain menikmati sejuknya panorama kebun teh, kamu bisa bersantai di beberapa tea house disini seperti Ndoro Dongker, Bali Branti, dan Omah Kodok.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Kebun Teh Kemuning adalah bermain outdoor sports seperti paralayang, flying fox, ATV, bersepeda keliling kebun teh hingga ikutan outbond. Sementara itu camping bisa dilakukan di camping ground di Bumi Perkemahan Segara Gunung.

Objek wisata ini menggratiskan tarif bagi wisatawan yang berkunjung. Bebas berfoto dan menikmati pemandangan. Biaya hanya dikenakan jika pengunjung menaiki wahana yang ada di sini. Objek wisata ini buka sejak dini hari hingga petang (04.30 - 18.30). Namun, ada juga pengunjung yang datang di malam hari dan bermalam di sini. Biasanya mereka khusus ikut touring jip malam hari, sehingga ada pengawasan khusus dari pihak biro wisata.

 

Jalan Menuju Lokasi
Kabun Teh Kemuning terletak di  Jalan Kemuning Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57794. Jarak kebun teh kemuning dengan pusat kota Solo sekitar 25 kilometer. 

Anda dapat menjangkau dari arah manapun lokasi wisata alam yang cukup lengkap di Karanganyar ini. Disamping itu, akses jalan untuk sampai lokasi cukup mudah termasuk dari arah Jogja, Wonogiri, Sragen, Boyolali dan lainnya. Wisatawan yang pernah datang tidak hanya lokal namun juga turis asing seperti dari US, Belanda, dll.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun sepeda motor maupun umum seperti bus. Akan tetapi medan jalan seperti ciri khas pegunungan atau bukit pada biasanya yaitu berkelok serta naik turun. Bagi Anda yang berasal dari jalur atau daerah manapun, lakukan perjalanan hingga sampai di Kota Karanganyar kemudian ambil rute jalan menuju ke Karang pandan. Dalam perjalanan, Anda akan melihat sebuah plang bertuliskan candi cetho, Candi sukuh, dan air terjun Jumog.

Setelah menemukan plang tersebut ambil lajur sebelah kiri dan lurus saja mengikuti jalan utama. Anda dapat sampai di lokasi kebun teh Kemuning kurang lebih 60 menitan dengan kecepatan sedang. Bagi yang tidak terlalu mencemaskan naik turunnya medan jalan menuju kebun teh kemuning dapat menggunakan kendaraan umum. Anda bisa naik bus jurusan menuju Tawangmangu kemudian turun di Terminal Bus Karangpandan. Jika sudah sampai di terminal Karangpandan, Anda dapat naik bus mini ke Terminal Kemuning. Banyak bus dengan jurusan Terminal Kemuning yang dapat Anda gunakan.

Namun, bagi Anda yang tidak sabar atau tidak ingin naik bus lagi dapat menggunakan jasa tukang ojek. Para tukang ojek akan mengantarkan kemana titik lokasi tujuan Anda di Kebun Teh Kemuning. Untuk tarif bus sekitar Rp. 5000 untuk dewasa atau biasa sedangkan pelajar membayar ongkos Rp. 2000.

 

Kebun teh kemuning memiliki panorama alam yang sungguh mengagumkan. Anda akan disajikan hamparan hijau kebun teh sejauh mata melihat yang menenangkan jiwa dan menyegarkan penglihatan. Lebar jalan utama sekitar 5 meter jadi para pengunjung akan merasakan kedekatan dengan alam dan lebih intim. Anda akan melihat kabut yang cukup menaungi kawasan ini karena memang letak obyek wisata dekat dengan candi Cetho dan Sukuh. 

Candi Sukuh serta Candi Cetho memiliki suhu udara yang lumayan menusuk tulang dan medan cukup menanjak cocok untuk Anda yang hobi mengeksplor tempat wisata sejarah dengan udara sejuk atau pemandangan eksotis. Di Candi Sukuh ini ada sebuah mitos yang cukup unik. Konon menurut sejarah, disini dapat digunakan untuk mengetes sebuah keperawanan.

Namun, percaya atau tidak dapat Anda buktikan sendiri dengan cara datang langsung ke tempat yang berada di dusun sukuh ini.

Anda akan melihat beberapa hotel/ homestay/ penginapan di daerah sekitar kebun teh Kemuning, kecamatan Ngargoyoso Indonesia dengan berbagai range harga. Anda dapat menyesuaikan dengan budget.Jika ingin memperoleh tempat menginap dengan budget pas-pasan disarankan memilih homestay atau penginapan biasa saja. 

Akan tetapi jika Anda datang rame-rame membawa rombongan, memiliki budget yang lebih dan berencana stay beberapa hari disarankan menyewa sebuah villa khusunya. Daerah sini juga tidak kalah dengan puncak Bogor. 

Pemandangan indah dan terdapat beragam wisata yang dapat digunakan sebagai lokasi berlibur Anda bersama keluarga untuk beberapa hari. Aksesnya pun cukup mudah serta banyak spot-spot keren untuk diekslpore. Kebun teh kemuning bisa jadi rekomendasi wisata tepat untuk Anda. Anda juga bisa menginap di hotel sesuai yang Anda harapkan. Banyak hotel-hotel bagus dengan biaya terjangkau di sekitar sini. Banyak juga yang melakukan promosi jika booking hotelnya disitus atau aplikasi book hotel. Dari daerah kebun teh sampai hotel terdekat kurang lebih sekitar 5 kilometer. 
 


LOKASI