JAJAN TRADISIONAL DI PASAR SAWAHAN DESA KALONGAN

Pasar Sawahan Desa Kalongan
Pasar Sawahan Desa Kalongan / TRIBUNJATENGTRAVEL.COM/AMANDA RIZQYANA

Berlibur mengisi waktu senggang dengan melihat keindahan hamparan sawah di pedesaan, kini menjadi salah satu kegiatan yang ingin dilakukan jika hari libur tiba. Berikut adalah salah satu desa yang menawarkan destinasi untuk memanjakan mata, Pasar Sawahan. Pasar Sawahan ini terletak di Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Pasar Sawahan ini tidak hanya memanjakan mata pengunjung dengan hamparan sawah dan pemandangan pedesaannya saja. Akan tetapi, juga memanjakan lidah pengunjung. Di dalam Pasar Sawahan sendiri terdapat beberapa Stand untuk berjualan. mayoritas mereka menjual makanan tradisional, jajanan pasar, jajanan khas desa kalongan. seperti, lopis, jongkong, klepon, sawut, kimpul, singkong, serabi, dawet ayu, pecel, jadah bakar dan masih banyak lagi. tidak hanya kuliner saja, di pasar ini juga menjual kerajinan tangan seerti, mainan tradisional dari kayu, tas belanja, dan lain - lain.

 

Pasar Sawahan yang sedianya akan menghadirkan jajanan pasar, jajanan khas Desa Kalongan, lengkap dengan pertunjukan kesenian tradisional. Kesenian tradisional yang ditawarkan antara lain kuda lumping, drumblek, rebana, dan beragam tari tradisional.

Uniknya dari Pasar Sawahan ini, adalah hanya buka pada hari minggu pahing dan juga minggu legi, jam 6 hingga 10 pagi. Tidak hanya itu, untuk dapat transaksi jual beli di pasar sawahan kita harus melakukan penukaran uang rupiah dengan uang uli terlebih dahulu. Setelah itu, kita baru bisa melakukan transaksi.

 

Pasar Sawahan dapat menjadi destinasi menghabiskan akhir pekan sekaligus memperkenalkan destinasi wisata Curug Gending Asmoro yang menjadi unggulan desanya. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam desa sekaligus memanjakan lidah mereka dan keuntungan dari aktivitas ini ialah adanya peningkatan pendapatan bagi warga desa.

Pasar Sawahan diharapkan tak hanya memberikan manfaat bagi pengunjung, juga dapat memberdayakan warga Desa Kalongan agar berjualan sembari mempromosikan produk yang telah diproduksi.



 


LOKASI