JANGAN LUPA CICIPI ES SEMANGGI YANG MELEGENDA JIKA KE MAGELANG

Depot Es Semanggi
Depot Es Semanggi / Google

Mengunjungi sebuah daerah kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner dari daerah yang kita kunjungi.

Jika anda berkunjung ke Magelang, anda harus menyempatkan waktu untuk mencicipi beraneka ragam minuman es di Depot Es Semanggi.

Sudah ada sejak tahun 1960, Es Semanggi merupakan salah satu ikon kuliner minuman di Magelang. Yang sangat khas di sini adalah sirup yang dibuat sendiri sesuai dengan resep yang sudah digunakan sejak generasi pertama dan penggunaan bahan terbaik dan alami.

Depot Es Semanggi awalnya adalah pedagang es dengan menggunakan gerobak di bawah pohon asem yang lokasinya ada di depan Klenteng Liong Hok Bio yang berada di pojokan alun-alun Magelang.

Kesan pertama ketika tiba di sini kita akan melihat barisan botol berjejer rapi yang berisikan aneka warna sirup. Sirup ini salah satu kunci rahasia mengapa depot ini masih bisa bertahan dan melayani pembelinya hingga sampai saat ini,  meskipun sudah banyak kedai es yang lebih modern bertebaran di Magelang.

Keunikan rasa es Semanggi di Kota Magelang pasti dirindukan siapa saja yang pernah mencicipinya. Komposisi utama minuman ini hanya perpaduan santan, dan sirup beraneka warna yang diracik secara khusus oleh pemiliknya.

Yang menjadikan depot es ini selalu ramai dikunjungi, resep dan kualitasnya yang dipertahankan sejak puluhan tahun lalu. Saat pertama kali tiba di lokasi Es Semanggi anda akan disambut jejeran puluhan botol berisikan sirup beraneka warna di meja maupun di tembok depot.

Es Semanggi Magelang Sejak 1960 — Arif Setiawan

Sirup tersebut adalah rahasia mengapa Es Semanggi selalu didatangi oleh pelangganya. 

Diungkapkan Eko "Semanggi", selaku pemilik depot Es Semanggi, resep dari sirup tersebut adalah resep yang sama yang digunakan oleh kakeknya yang mulai berdagang es sejak tahun 60-an.

Untuk rasa manis diggunakan gula putih tanpa pemanis, dan untuk warna sirup menggunakan pewarna makanan. Warna sirup menentukan rasa yang akan dipilih, jika pelanggan memilih Es Semanggi Tape maka sirup yang digunakan berwarna hijau.

Begitu pula dengan pelanggan yang memilih Es Semanggi Plered atau Es Semanggi Dawet, sirup yang digunakan adalah sirup berwarna merah muda. Sirup Warna hijau memiliki rasa sedikit kecut, sehingga sangat cocok dinikmati bersama tape.

Selain sirup merah dan hijau, ada juga varian rasa lainya, seperti coklat, gula jawa, sirup bening (putih) yang cocok diminum bersama kelapa muda.

Semua resep ini tidak ada yang berubah sejak awal Depot Es Semanggi berdiri hingga saat ini.

Jika ke Magelang Jangan Lupa Cicipi Es Semanggi yang Melegenda

Di antara beberapa menu es yang ditawarkan, es pleret adalah satu yang paling banyak dicari pembeli. Pleret (di beberapa tempat dikenal dengan nama gempol) adalah isian es yang terbuat dari tepung beras yang sebelumnya telah diolah dan dibentuk silinder.

Untuk menu ini, pleret dimasukan ke dalam gelas, kemudian ditambah dengan es, sirup warna merah, dan terakhir diberi santan. Perpaduan dari gurihnya pleret, santan, dan manisnya sirup, sangat nikmat, apalagi dinikmati saat kondisi cuaca sedang panas.

Untuk masalah harga anda tidak usah khawatir, setiap gelas Es Semanggi dihargai mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 10.000.

Setiap harinya Depot Es Semanggi buka dari pukul 10.00 hingga 16.00.

Lebih baik anda jangan terlalu sore datang ke kesana, karena selepas jam makan siang menu es-nya sudah banyak yang habis.

Es Semanggi ini terletak di Pusat Kota Magelang, tempatnya di Jl. Semarang – Yogyakarta No.367, Kramat Selatan, Magelang Utara


LOKASI