KABUN RAY INDROKILO BOYOLALI SUDAH DIBUKA KEMBALI

Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali.
Taman Paku di Kebun Raya Indrokilo, Boyolali. / (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) kembali dibuka setelah hampir satu tahun ditutup karena pandemi Covid-19. Meskipun begitu, jumlah pengunjung yang datang dibatasi.

Kepala Dinas Lingkungan HIdup (DLH) Boyolali, Lusia Dyah Suciati mengatakan pembatasan wisatawan  yang masuk ke objek wisata KRIB.

Kami memang membatasi pengunjung karena masih masa pandemi Covid-19 maksimal 200 per hari,” ujar Lusia, Minggu (13/6/2021).

Ia mengatakan pembatasan wisatawan dilakukan pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dengan maksimal yang diizinkan masuk sekitar 200 wisatawanSetelah mereka keluar, maka dibuka lagi untuk 200 wisatawan berikutnya.

Selain itu, ia mengatakan, pada hari Minggu dan hari libur nasional, objek wisata KRIB sementara ditutup untuk seluruh wisatawan

Hal ini dilakukan karena mengantisipasi resiko kerumunan  jika dipaksakan dibuka di hari itu juga.

"Sementara, di hari minggu serta hari libur, objek wisata ditutup untuk pengunjung dahulu," ucap Lusia.

Dirinya mengatakan pihaknya juga masih menggratiskan tiket untuk memasuki objek wisata KRIB. Meskipun demikian, pengunjung tetap wajib membawa tiket untuk diserahkan kepada petugas di pintu gerbang masuk. 

"Saat ini, besaran tiket masuk masih dalam pembahasan, dan saat ini baru sewa sepeda untuk keliling di kawasan KRIB yang dipatok Rp 5.000 per jam," tutur Lusia.

Mudah- mudahan pandemi ini segera berlalu sehingga KRIB bisa dibuka normal penuh," harapnya.

Sebagai informasi, KRIB merupakan objek wisata di Kabupaten Boyolali yang bertemakan alam dan ilmu pengetahuan. 

KRIB berlokasi di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.

Keberadaan KRIB sebagai tempat konservasi, pendidikan dan rekreasi bagi warga Kabupaten Boyolali khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. 

Selain itu, dengan adanya KIRB, diharapkan sebagai tempat penyelamatan tumbuh-tumbuhan yang mulai terancam keberadaanya akibat degradasi habitat.

Luas wilayah KRIB sekitar 8,9 hektare, dan terdapat lebih dari 900 spesimen koleksi tumbuhan yang sudah ditanam. 

Kebun Raya Indrokilo juga memiliki beberapa monumen serta bangunan yang khas sebagai daya tarik, seperti Gerbang Pasingsingan, Patung Sosro Birowo, replika Air Terjun Niagara serta replika bahtera Nabi Nuh.

 

Artikel ini telah tayang di Tribuntribunsolotravel.com dengan judul Kebun Raya Indrokilo Kembali Dibuka Untuk Umum, Wisatawan yang Datang Dibatasi.


LOKASI