KEINDAHAN AIR TERJUN JUMOG YANG BERADA DI BAWAH LERENG GUNUNG LAWU

Air Terjun Jumog
Air Terjun Jumog / Shuttercock

Air terjun merupakan salah satu tempat wisata yang jadi tujuan banyak orang untuk mengisi liburan. Terlebih jika air terjun berada di kawasan pegunungan. Hawa sejuk, air yang segar, dan pemandangan indah, semua akan didapatkan wisatawan.

Salah satu air terjun yang pas dikunjungi untuk mengisi hari libur ada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yakni Air Terjun Jumog. Obyek wisata alam di lereng Gunung Lawu ini telah dibuka untuk umum sejak tahun 2004. Jaraknya sekitar 45 menit dari pusat kab. Karanganyar. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun tetap memancarkan uniknya keindahan wisata alam.

Tiket Masuk Air Terjun Jumog 2019 - JadwalTravel.com

Lokasi, Jam Operasional dan HTM
Berada di lereng timur Gunung Lawu, Air Terjun Jumog tepatnya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak tempuh Air Terjun Jumog dari pusat Kabupaten Karanganyar adalah sekitar 22 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Jam operasionalnya juga cukup lama untuk mengisi waktu liburan Anda. Air Terjun Jumog buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB saat weekday dan pukul 07.00-17.00 saat weekend.

Menurut akun Instagram resmi pengelola Air Terjun Jumog di @air_terjun_jumog, Sabtu (29/5/2021), harga tiket masuk Air Terjun Jumog adalah Rp 15.000. Harga tiket masuk tersebut berlaku, baik untuk akhir pekan (weekend) maupun tengah pekan (weekdays).

Dengan harga tiket masuk tersebut, pengunjung sudah bisa menikmati kesegaran Air Terjun Jumog yang airnya berasal dari Gunung Lawu. Selain menyiapkan uang untuk membayar tiket masuk, pengunjung juga harus menyiapkan uang untuk parkir, kecuali jika datang dengan berjalan kaki tentunya. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Jumog (@air_terjun_jumog)

Adapun, menurut akun Instagram yang sama, tarif parkir Air Terjun Jumog adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 5.000 untuk mobil, elf Rp 15.000, dan bus Rp 25.000.

Selama masa pandemi, Air Terjun Jumog menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.


LOKASI