MASUK KE PPKM LEVEL 2, PANTAI NAMPU DISERBU PENGUNJUNG

Pantai Nampu
Pantai Nampu / Travelingyuk.com

Saat ini Wonogiri sudah masuk ke PPKM Level 2, hal ini menjadi angin segar bagi pelaku industri pariwisata karena mulai diberlakukannya pelonggaran salah satunya pembukaan beberapa tempat wisata. Salah satu yang sudah beroperasional dan menjadi incaran para wisatawan adalah Pantai Nampu yang terleteak di Kecamatan Paranggupito, Wonogiri Jawa Tengah mulai Minggu (10/10/21).

Pengelola mengungkapkan, pengunjung pada hari Minggu lebih banyak dari hari sebelumnya. Ratusan wisatawan juga terlihat bermain di pantai, ada juga yang hanya bersantai sembari menikmati pasir putih khas Pantai Nampu. Di antaranya banyaknya pengunjung, terdapat juga anak-anak.

Padahal berdasar Instruksi Bupati, anak dibawah 12 tahun dilarang masuk.

Pantai Nampu adalah objek wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sebuah Pantai yang terletak didusun Dringo, desa Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri ini menjadi destinasi wisata bagi warga setempat maupun mancanegara. 

Dengan pasir pantainya yang putih serta dihiasi dengan karang yang indah membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata primadona di Wonogiri. Pantai yang menjadi ikonya Kota wonogiri lokasi berada di wilayah perbatasan antara tiga provinsi, DIY, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Yang menarik Dari Pantai Nampu

Pantai Nampu Wonogiri - Lokasi, Harga Tiket serta Fasilitas yang Tersedia
Garis pantai yang cukup panjang dan pasir putih yang cantik adalah salah satu daya Tarik dari Pantai Nampu. Selain indah, pantai ini juga cukup unik. Sebenarnya Pantai Nampu terdiri dari 3 pantai yang terpisahkan oleh bukit karst, dari ketiga pantai ini, pantai utama merupakan lokasi paling favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Bukan tanpa alasan, selain aksesnya paling mudah, pemandangan yang ditawarkan di Pantai Nampu bagian utama juga sangat indah.

Pantai Nampu bagian utama ini yaitu yang memiliki garis pantai paling panjang. Sedangkan untuk menuju ke bagian pantai lainnya, kita harus trekking melalui jalan setapak terlebih dahulu untuk sampai di lokasi. Jika kita menuju ke arah barat, kita akan menemukan gardu pandang di sisi jalan, tepatnya di atas tebing. Pantai Nampu memiliki ombak yang cukup besar, sehingga sedikit berbahaya jika kita ingin berenang, agar lebih aman cukup bermain di pinggir pantai saja.

Pantai Nampu Wonogiri, Destinasi Wisata Paling Populer dan Harus Kamu  Datangi - Reservasi Travel Blog

Pantai Nampu Wonogiri tak hanya menawarkan keindahan alam saja, di objek wisata satu ini kita juga bisa melihat indahnya sunrise dan sunset 

Sejarah
Ada cerita menarik dari sesepuh Dusun Dringo Kelurahan Gunturharjo, tentang wilayah pantai Nampu terkait mengapa hingga saat ini, belum ada perkembangan yang menarik dari objek wisata pantai Nampu. Wilayah sekitar pantai Nampu susah untuk dikembangkan untuk mendukung keberadaan pantai Nampu karena tanah di wilayah Nampu dimiliki oleh perusahaan Batik Keris pada tahun 1979.

“Lahan yang dibeli Batik Keris itu mulai dari pantai Nampu hingga pantai Sembukan sepanjang sepuluh kilometer. Jadi mungkin pemerintah mau bangun fasilitas pendukung pantai Nampu kesulitan,”

Pada waktu itu, pembelian tanah oleh Batik Keris tersebut dilakukan dengan paksaan, tidak dengan cara tawar- menawar harga tanah seperti biasanya jual beli tanah.

“Tur dipekso. Mboten enten istilahe duweke si A dituku piro. Nek adol kan wonten sistem nyang-nyangan (pakai dipaksa.Tidak ada istilahnya tanah milik si A dibeli berapa. Kalau jual tanah harusnya ada sistem tawar-menawar).Waktu itu dilakukan aparat keamanan.” Pada awal proses pembeliah tanah tersebut, masyarakat diberitahu bahwa pemerintah yang akan membeli lahan tanah tersebut.

“Pas di tengah-tengah proses pembayaran tanah kepada masyarakat, diberi tahu kalau yang membeli lahan mereka itu Batik Keris, bukan pemerintah karena pemerintah tidak mampu (tidak punya dana).

Lokasi Pantai Nampu
Pantai Nampu terletak di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
• 78 Km dari pusat Kota Wonogiri melalui Jl. Raya Solo-Pacitan (2 jam 9 menit)
• 92 Km dari pusat Kota Solo melalui Jl. Raya Solo-Pacitan (2 jam 43 menit)
• (perkiraan waktu tempuh jika tidak ada kendala)


 


LOKASI