MELIHAT KAWAH MERAPI DARI DELES INDAH KLATEN

OBYEK WISATA DELES INDAH SIDOREJO KEMALANG
OBYEK WISATA DELES INDAH SIDOREJO KEMALANG / http://sidorejo-kemalang.sideka.id/

Kawah Gunung Merapi yang mengeluarkan asap dilihat dari wisata Deles Indah, Klaten, Rabu (16/6/2021) dengan lensa zoom.

Sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, Merapi juga menyajikan keindahan panorama alam yang menakjubkan. Pemandangan berupa kawah yang mengepul mengeluarkan asap tentu sangat langka. Inilah salah satu keunikan dari Merapi. Sebagian orang mungkin menganggap jika ingin melihat kawah Merapi, maka harus terlebih dahulu mendaki sampai puncaknya.

Namun, ternyata kawah Gunung Merapi bisa disaksikan tanpa harus bersusah payah mendaki gunung. Salah satu tempat yang menyajikan keindahan pemandangan kawah Gunung Merapi adalah wisata Deles Indah.

Jarak tempuh dari Kota Klaten menuju wisata Deles Indah adalah sekitar 25 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Deles Indah terletak di lereng Gunung Merapi, 25 kilometer jauhnya dari Klaten, tepatnya di Desa Sidorejo, Kemalang. Deles Indah berada pada ketinggian 800-1.300 meter di atas permukaan laut sehingga wisatawan dapat menyaksikan pemandangan puncak Merapi dan keindahan Kabupaten Klaten dari ketinggian.

Saat cuaca cerah, pemandangan menuju kawah Gunung Merapi bisa disaksikan dari rekahan kawah tersebut. Jika diamati dengan saksama, tampak kubah lava di kawah Gunung Merapi yang mengeluarkan asap vulkanik.

Adapun, spot panorama wisata Deles Indah berada di tepi tebing, sehingga tidak ada pepohonan yang menghalangi pemandangan ke arah kawah Merapi. Jika datang dengan membawa lensa zoom, maka kawah Merapi dapat terlihat dengan sangat jelas. Disana tidak terlihat ada petugas di pos retribusi. Selain itu, tidak ada portal yang menandakan bahwa tempat wisata itu ditutup. Warga sekitar juga mengatakan jika kondisi masih aman dan wisata Deles Indah bisa dikunjungi.

Pagi hari saat cuaca cerah merupakan waktu yang paling pas untuk mengunjungi wisata Deles Indah. Itu karena biasanya pada pagi hari, cuaca masih cenderung cerah. Jika terlalu siang, matahari akan memanaskan uap air menjadi awan yang menutupi pemandangan ke arah puncak Gunung Merapi.
 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wisata Deles Indah Klaten, Bisa Lihat Kawah Gunung Merapi"

 


LOKASI