MENGUNJUNGI TELAGA TANDO YANG DIKELILINGI PERBUKITAN

Telaga Tando
Telaga Tando / IG @wisatatelagatando

Tidak banyak orang yang mengenal nama Telaga Tando. Telaga Tando terletak di Dusun Jebrang, Desa Pakuran, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Tepatnya berada pada lekuk hamparan karst (gamping atau kapur) di wilayah Kawasan Karst Gombong Selatan (KKGS) bagian timur. Telaga Tando berjarak 3 Km dari ruas vital Jl. Raya Karangbolong.

Telaga Tando terbentuk di Lembah Tando yang dikelilingi perbukitan. Luas dari Telaga Tando sekitar 3 Ha dan berada pada ketinggian rata-rata 203 meter diatas permukaan air laut. Desa Pakuran memang berada di perbukitan dan merupakan salah satu desa tertinggi yang ada di Kebumen setelah Desa Kedunggong (Sadang), Wonoharjo (Rowokele), Pujotirto (Karangsambung), Watukelir (Ayah), Wagirpandan (Rowokele), dan Kalibangkang (Ayah).

Telaga ini berada di geomorfologi karst yang relatif masih alami dan dikelilingi bukit-bukit juga di pinggiran dusun. Sumber air dari Telaga Tando berasal dari air hujan yang terperangkap di lembah Tando. Kemudian terjadinlah proses geologi karst sedemikian rupa hingga jadilah Telaga Tando. Selain itu juga mendapat limpahan air sungai yang mengalir dari Goa Banteng. Ya, Telaga Tando tak tauh dari sejumlah goa diantaranya Goa Banteng, Goa Curug, Goa Beiji, Goa Landak, Goa Semar, Goa Gelatik dan lainnya.

 

Hal tersebut dikuatkan setelah Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam, Universitas Brawijaya (IMPALA UB) Kota Malang Jawa Timur melalukan ekspedisi di Desa pakuran pada 2013 lalu. Diketahui terdata 30 buah gua, 2 buah ponor atau lubang masuknya aliran air kedalam tanah pada daerah kapur atau karst, 3 buah mata air dan sebuah telaga karst, yakni Telaga Tando. Pada musim penghujan Telaga Tando akan dipenuhi air yang berwarna hijau. Sehingga waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah saat musim penghujan datang.

Telaga Tando dan goa-goa disekitarnya belum dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Telaga Tando masih digunakan untuk media pertanian, perikanan, irigasi dan pemancingan bagi warga Desa Pakuran. Suasana di sekitar telaga Tanduk sangat asri dengan pepohonan hijau serta bukit yang menjulang tinggi. Telaga Tando memang memiliki potensi wisata.

Rute: Dari Kota Gombong – Jl. Karangbolong – Rogodadi- belok kanan – Pakuran – Telaga Tando. Jika dari Kota Kebumen kemudian ambil arah ke Pantai Suwuk, lanjutkan ke arah barat hingga melewati jembatan Suwuk, lurus saja hingga menemui pertigaan luas, ambil ke arah kanan menuju Jl. Karangbolong – belok ke kiri – Pakuran – Telaga Tando.


LOKASI