MENIKMATI INDAHNYA PEMANDANGAN DARI GUNUNG BESEK WONOGIRI

Gunung Besek
Gunung Besek / (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)

Jika dibandingkan dengan beberapa gunung lain di wilayah Solo Raya, seperti Gunung Merbabu, Gunung Andong dan Gunung Lawu, ketinggian Gunung Besek mungkin memang tidak ada apa-apanya. 

Jika gunung di Jawa Tengah tingginya bisa mencapai 3.000 mdpl, Gunung Besek yang hanya 850 mdpl ini tak akan menarik bagi para pendaki maupun pencari adrenalin. 

Namun setiap tempat selalu memiliki sisi-sisi menariknya masing-masing. Meski tingginya tak seberapa, Gunung Besek tetaplah mempesona. Gunung yang terletak di Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri ini memiliki keindahan alam yang luar biasa memukau, yang dijamin bakal membuat kamu enggan pulang dan ingin berlama-lama di sini.

Menikmati Keindahan Hamparan Perbukitan di Gunung Besek, Wonogiri Halaman  all - Kompas.com

Berikut, daya pikat Gunung Besek Wonogiri yang mungkin bisa kamu pertimbangkan untuk masuk list tempat yang akan Kamu kunjungi saat liburan nanti: 

1. Memiliki Pemandangan Ala Sumba 
Saat datang kemari pengunjung akan dibuat berdecak. Hamparan pegunungan sekitar Wonogiri dan kawasan Jawa Timur membentang sangat elok. Lereng-lereng kawasan pegunungan tersebut membentuk lekukan-lekukan artistik yang jika dilihat dari sini seperti ditumbuhi rerumputan membentuk padang sabana. 

Ketika musim kemarau, rerumputan itu nampak menguning, namun di beberapa bagian pepohonan hijau terlihat tumbuh. Paduan semua pemandangan tersebut membuat pengunjung laksana sedang berada di kawasan perbukitan Sumba.

2. Sangat Cocok untuk Melihat Ketinggian Tapi Malas Mendaki
Bagi kamu yang malas mendaku, Gunung ini ada tempat yang paling tepat karena kamu tidak perlu repot-repot mendaki. Daerah sekitar Gunung Besek memang sudah berada di ketinggian. 

Menuju ke tempat ini, pengunjung bisa memacu motor sampai di rumah warga. Baru setelahnya pengunjung berjalan kaki. Menariknya, untuk berjalan kaki dari lokasi parkir hingga ke tempat yang disebut Gunung Besek ini pengunjung tidak perlu mendaki. Hanya berjalan saja terus melewati belakang rumah warga. 

Aktivitas memanjat hanya diperlukan saat ingin naik-naik ke atas bebatuan Gunung. Meski begitu jangan dipandang remeh. Kehati-hatian mutlak diperlukan saat berada di tempat ini, karena tepian bebatuan di Gunung Besek merupakan jurang-jurang yang menganga.

3. Menuju Gunung Besek Laksana 
Melewati Hutan Twilight Sebelum sampai di Gunung Besek, pengunjung diharuskan melewati kawasan Hutan Pinus Bugelan. Hutan pinus tersebut membentang sangat luas. Pinus-pinus tersebut berukuran tinggi-tinggi, berjajar rapi dan memberikan suasana eksotis. 

Saat melewati Hutan Pinus Bugelan Kamu bisa mampir sejenak untuk berfoto-foto dan mendapati hasil jepretanmu seperti di film twilight. 

4. Lokasi yang Cocok untuk Mencari Inspirasi
Gunung Besek bukanlah gunung yang ramai pendaki layaknya gunung-gunung yang lain. Gunung ini masih sepi pengunjung. Keindahan alam yang tersaji, embusan angin yang bertiup sepoi-sepoi, serta ketenangan suasana sekitar, sangat cocok untukmu yang sedang butuh ketenangan. 

5. Wisata yang Hemat di Kantong 
Saat ini belum ada tarif masuk saat mendatangi Gunung Besek kecuali ketika hari libur tertentu seperti saat hari raya. Sehingga datang ke Gunung Besek, tak akan menguras dompetmu. 

Durasi Pendakian Singkat
Gunung Besek letaknya 60 kilometer dari pusat kota, atau dapat ditempuh dengan dua jam berkendara via Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo. Agar lebih mudah, kamu dapat memanfaatkan Google Maps untuk mencapainya.

Sore adalah saat terbaik kemari, ketika cuaca tak terlalu terik, dan sinar matahari yang menyinari hamparan perbukitan membuat pemandangan semakin menawan. Namun, jangan terlalu lama di sini, karena masih harus pulang melalui medan yang masih minim pencahayaan.

Tidak ada biaya masuk ke kawasan Gunung Besek. Kamu cukup membayar secara sukarela kepada pemilik rumah tempat kendaraan diparkir. Di lokasi pun tak terdapat banyak warung, sehingga disarankan untuk membawa perbekalan sendiri. Kemas juga kantong plastik untuk membawa pulang sampah.


LOKASI