MENIKMATI KEINDAHAN TAMAN EDEN DI CURUG TELU KABUPATEN BANYUMAS

Curug Telu Banyumas
Curug Telu Banyumas / septyanwidianto.web.id

Pergi menjauh dari perkataan dan berwisata untuk menghilangkan penat dari bisingnya perkataan adalah pilihan yang harus diambil untuk setiap pekerja. Dan tempat wisata yang paling tepat selain pantai adalah curug, karena air bisa membuat badan kembali fresh.

Kamu mungkin bisa pergi ke kabupaten Banyumas yang mempunya pilihan tempat untuk berwisata, tetapi jika kamu mencari pantai bukan di sini tempatnya karena letak geografisnya yang di lereng Gunung Slamet. Kabupaten Banyumas terkenal dengan tempat wisata yang mempunyai ciri khas dataran tinggi, seperti air terjun.

Kabupaten Banyumas memiliki banyak air terjun atau sering disebut curug. Curug yang Letaknya tidak jauh dari Wisata Baturaden ini memiliki tiga aliran air terjun seperti dengan namanya Curug Telu. 

Curug Telu dikenal sebagai tempat mandinya para bidadari. Keelokan Curug Telu sangat kondang, dan menjadi destinasi wisata utama di Kabupaten Banyumas. Dinamakan curug telu, karena pada satu lokasi wisata ini terdapat tiga curug yang memiliki keunikan masing-masing. Air Curug Telu yang berasal dari sumber mata air alami dari tiga sungai, Kisapin, Buntu dan Pelus ini sangatlah jernih. Sangat menggoda untuk dijajaki.

Mudik ke Purwokerto, Kunjungi Curug Telu Tersembunyi di Baturraden

Pesona Curug Telu
Ibarat taman Eden begitulah cerita wisatawan. Keindahan alamnya, bak lukisan alam. Paduan pesona cantik curug dengan hiasan tanaman hijau, lumut hijau, dan tumbuhan-tumbuhan paku yang menghiasi area Curug Telu. Ornamen alam berupa aneka bebatuan yang bisa digunakan untuk bermain anak-anak dan untuk melompat ke air terjun juga sudah telah disediakan alam.

Curug telu memiliki ketinggian 7 - 8 meter dengan 3 aliran air terjun.  Air terjun yang beraliran deras sampingnya ada dua air terjun beraliran kecil yang keluar dari tebing.

Di Curug Telu ini pengunjung dilarang terjun dari tebing karena banyak batu. Pengunjung hanya bisa mandi atau sekedar membasuh kaki dan berfoto di antara bebatuan. Hati-hati juga bagi yang ingin berenang atau bermain air, bila musim hujan, air bisa datang mendadak dan banjir.

Lokasi, Rute dan HTM
Curug Telu ini berlokasi di Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden. Sebelum masuk gerbang pertama Baturraden, kalian bisa belok kanan lalu mengikuti petunjuk jalan. Lokasi Curug Telu bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi, motor atau mobil. Walau jalannya menanjak dan menikung, tapi sudah halus dan mudah dilalui.
Sesampainya di Curug Telu cukup membayar 10.000 rupiah per orang sebagai tiket masuk. Pengunjung bisa datang dari jam 8.00-16.00. Setelah masuk kita harus berjalan untuk sampai ke Curug Telu dan beberapa tempat lain. Tangga menuju curug sudah bagus jadi tidak perlu khawatir licin atau kotor.

 


LOKASI