MISTERI RUMAH SAKIT KRISTEN TAYU YANG SUDAH TERBENGKALAI

Rumah Sakit Kristen Tayu
Rumah Sakit Kristen Tayu / https://pasangmata.detik.com/

Kisah menyeramkan tentang rumah sakit hampir ada di setiap rumah sakit, salah satunya   cerita mistis Rumah Sakit Kristen (RSK) Tayu.

Rumah Sakit Kristen (RSK) Tayu tipe C yang berdiri sejak tahun 1933. Rumah sakit ini merupakan hasil pengembangan dari poliklinik Kristen yang dirintis oleh P.A. Jansz, seorang penginjil dari Badan Doopsgezinde Zending Vereeniging (DZV) pada 1894. Jansz tinggal di Desa Margorejo, Kecamatan Tayu. Dia dibantu Pendeta Johan Klasem, asal Jerman.

Sekitar tahun 1970 hingga tahun 2000, rumah sakit ini terbilang sangat bagus. Karena menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Pati Utara. Namun pada tahun 2013, RSK Tayu Pati mulai dilanda kritis. Bahkan ironisnya, ratusan karyawan tidak sama sekali menerima gaji, selama 15 bulan. Kemudian para karyawan di sana mengajukan gugatan karena sudah belasan bulan tidak menerima gaji. Krisis itu terjadi akibat adanya permasalahan internal pada pengelola rumah sakit. 

Kisah Mistis Rumah Sakit Kristen RSK Tayu Dikenal Angker, Malam-malam Lampu  Ambulans Nyala Sendiri - Tribunjateng.com

Rumah sakit yang memiliki kamar untuk rawat inap 47 tempat tidur dan 4 kelas VIP ini pun mulai sepi. Sejak saat itu, RSK Tayu tidak beroperasi lagi. Sejak mangkrak, desas-desus mengenai keangkeran RSK Tayu merebak.

Sejak sat itu muncul cerita - cerita mistis, banyak kisah yang beredar jika RSK Tayu menjadi tempat yang banyak dihuni oleh mahluk halus. Apalagi, kini bangunannya yang sudah tampak tua dan tidak terawat bahkan kini sudah tak beroperasi lagi.

Terlihat rumah sakit itu sudah tidak terawat. Saat sedang berada di lokasi, tepatnya di toilet RSK Tayu Pati, terdengar ada air mengalir, seperti ada orang yang sedang mandi. Namun, saat dicek satu persatu ke kamar mandi, tidak ada satu orang pun disana.Selain itu Tidak ada air juga yang mengalir dan semua kamar mandi terlihat kering.

Misteri Angkernya Rumah Sakit Kristen Tayu di Pati | urbanasia.com

Berberapa orang mengaku melihat lampu mobil ambulans di dalam RSK Tayu menyala sendiri pada malam hari. Pada bulan Agustus 2021, RSK Tayu menjadi heboh Setelah unggahan akun @YEK_WOR di media sosial Tiktok. Akun tersebut mengunggah video percakapan sekelompok orang di terminal Tayu, Pati, dengan seorang pria yang mengaku berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Dalam video tersebut menyebutkan bahwa pria asal Bandung mengaku sudah menginap tiga hari di RSK Tayu, menjenguk teman yang dirawat di sana. Hal tersebut sontak memicu kehebohan. Sebab RSK Tayu sudah lama mangkrak. Spekulasi-spekulasi bernuansa mistis pun membuncah di media sosial.

Diketahui bahwa ternyata pria asal Bandung tersebut merupakan anggota Tim Creator Misteri 99 atau CM.99, konten kreator di media Bigo Live dan Youtube. Dalam video tersebut, orang yang terekam dalam video viral, yakni Egi, bersama temannya, Rahmat alias Amat, memberikan penjelasan.

Amat menambahkan, ketika mengeksplorasi RSK Tayu, dia merasa seolah-olah rumah sakit itu masih aktif. Mereka mendengar suara mesin tik, suster yagn lalu lalang  membawa kursi roda dan troli. Seperti masih berfungsi.

Amat mengatakan, ketika menjalani tantangan tidur di mobil ambulans, dia sampai pingsan, atau knock dalam istilah yang mereka pakai di Bigo Live. Amat mengatakan, usai “uji nyali” di RSK Tayu, tubuhnya melemah. Ia dan tim kemudian menginap selama dua hari setelahnya.

Selama dua hari di penginapan, kata Amat, dia dan Egi juga bermimpi ditelepon oleh seorang ibu-ibu yang meminta mereka menjenguk teman di RSK Tayu. Ternyata teman saya juga merasakan hal yang sama,” kata dia.

Egi membenarkan hal tersebut. Dia juga merasa ditelepon seseorang yang memintanya menjenguk seorang kawan lama, karyawan pabrik gula, yang dirawat di RSK. Itu di luar nalar, mereka tidak tahu di sana ada pabrik gula. Selama dua hari badan mereka ngedrop, akhirnya Sabtu memutuskan pulang ke Bandung.

"Alhamdulillah kami sudah bisa ngomong lancar lagi sekarang. Waktu itu masih syok. Mungkin itu pengaruh hal ghaib di sana."


LOKASI