OBYEK WISATA PETUNGKRIYONO, PEKALONGAN

WISATA PETUNGKRIYONO PEKALONGAN
WISATA PETUNGKRIYONO PEKALONGAN / Istimewa

Pekalongan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Pekalongan ini sob memiliki banyak sekali objek tempat wisata yang menarik di tiap daerah nya. Dan salah satu daerah yang cukup populer di Pekalongan ini yaitu Petungkriyono

Petungkriono atau juga disebut Petungkriyono adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Luas wilayah Kecamatan Petungkriyono 73,59 km2 atau 8,80 % dari luas Wilayah Kabupaten Pekalongan. 

Wisata Petungkriyono, atau diksi penulisan lainnya yaitu Petungkriono, adalah wisata Pekalongan yang didominasi oleh destinasi wisata alam. Keindahan pemandangan, atau view yang disajikan sudah tidak diragukan lagi, apalagi pesona wisata air terjunnya.

Dan untuk memahami kenapa Petungkriyono menjadi terkenal sebagai sebuah kawasan wisata alam yang terkenal di Pekalongan, maka inilah alasannya :

  • Petungkriyono berada di atas ketinggian 600 – 1200 mdpl, dan beberapa pengunjung ada yang menyebut sebagai negeri di atas awan.

  • Petungkriyono memiliki luas sekitar 7.358.523. Namun, lahan yang digunakan untuk pemukiman tidak lebih dari 20% saja.

  • Di luar area pemukiman, Petungkriono didominasi oleh kawasan hutan yang berstatus sebagai hutan negara, yang masih terjaga kelestariannya.

  • Selain itu, Petungkriono menjadi hulu dari tiga sungai besar

  • Petungkriyono dikelilingi oleh bukit dan pegunungan

Kondisi tersebutlah yang menyebabkan Wisata Petungkriyono lebih banyak objek wisata curug, serta wisata air lainnya, seperti river tubing.

Jangan heran juga, jika di beberapa objek Wisata Petungkriyono masih didominasi dengan cerita legenda, mitos, maupun sejarah.

Bahkan cerita-cerita tersebut sedikit mengesankan bahwa Petungkriono seram. Meskipun pada faktanya, bahwa pesona keindahan alamnya yang lebih dominan.

Objek tempat wisata di Petungkriyono Pekalongan dipenuhi dengan curug atau air terjun yang menawan. Tak hanya air terjun saja, ada juga destinasi wisata lainnya yang dapat kalian temukan di kawasan ini. Diantaranya yaitu seperti pusat wisata pendidikan, alam, agro, petualangan, dan sejarah. Petungkriyono kaya akan flora dan fauna, bahkan beberapa spesies di antaranya sudah langka.

DAYA TARIK WISATA PETUNGKRIYONO
Kawasana  yang satu ini sob tentu memiliki beragam daya tarik tersendiri. Berikut ini kami bagikan beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Wisata Petungkriyono Pekalongan, diantaranya :
Gerbang Petung

Petungkriyono berbenah, raih hati pemudik lebaran — Warta Desa
Adanya destinasi wisata Gerbang Petung yang juga merupakan landmark lokasi wisata petungkriyono, berjarak , 5,5 kilometer dari Kantor Kecamatan Doro.

Curug Sibedug

Local Guides Connect - Curug Sibedug, Salah Satu Keindahan Negeri Seribu  ... - Local Guides Connect

Destinasi wisata Curug Cibedug ini terletak di tepi jalan Doro – Petungkriyono, sekitar 11 kilometer dari Kantor Kecamatan Doro. Curug ini berada di Dusun Sokokembang Desa Kayupuring Kecamatan Petungkriyono. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Welo Asri

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah | Destinations | WELO RIVER WATER RECREATION

Welo asri ini merupakan sungai welo yang berada di Dusun Kembangan Desa Kayupuring, 10 menit perjalanan dari Jembatan Sipingit atau 13,8 kilometer dari titik keberangkatan. Welo Asri menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat sejenak sambil minum kopi.  

Curug Bajing

Pariwisata Provinsi Jawa Tengah | Destinasi Wisata | CURUG BAJING

Destinasi curug bajing ini sob lokasinya berada di Dusun Kembangan Desa Tlogopakis Petungkriyono. Objek ini sekitar 40 menit dari Welo Asri menuju ke sini. Disini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari area parkir, warung – warung hingga spot selfie. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Curug Lawe 

Menawannya Curug Lawe, Spot Wisata Sejuk Dekat Semarang

Curug ini sob merupakan destinasi yang cukup ramai dikunjungi. Fasilitas yang ada di tempat ini juga cukup lengkap, mulai dari tempat berkemah, spot foto. dan yang lainnya.

LOKASI WISATA PETUNGKRIYONO
Lokasi Wisata Petungkriyono terletak di sabuk Pegunungan Dieng. Adapun alamat Wisata Petungkriyono berada di Kecamatan Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

JAM B UKA WISATA PETUNGKRIYONO
Jam buka Wisata Petungkriyono rata-rata 24 jam, serta Wisata Petungkriyono buka setiap hari selama sepekan penuh.

Namun, dikarenakan banyaknya objek wisata yang bertemakan curug, atau air terjun, maka disarankan pengunjung kembali sebelum hari mulai gelap. Kecuali di objek wisata yang menyediakan area camping.

 

 


LOKASI