PANTAI NGEBUM KENDAL

Pantai Ngebum
Pantai Ngebum / Kompasiana

Di Kendal, ada satu pantai yang menawarkan pemandangan nan eksotis. Namanya Pantai Ngebum

Pantai Ngebum ini kerap menjadi destinasi wisatawan untuk menghabiskan momen liburan akhir pekan. Setiap hari libur, banyak wisatawan memadati pantai tersebut.

Pantai Ngebum (Ngebom) berada di pesisir pantai utara masuk di wilayah Kabupaten Kendal, lebih tepatnya di Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berbatasan dengan  Laut Jawa di utara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang di timur, Kabupaten Temanggung di selatan, serta Kabupaten Batang di barat.

Pantai Ngebum Kaliwungu - Tiket Masuk dan Lokasi Wisata - JadwalTravel.com

Pantai ini di beri nama mirip dengan pantai Ngebum atau Ngebom yang berada di Kota Pekalongan. Tidak begitu jelas kenapa namanya mirip. Hal yang sama juga berlaku untuk nama Curug (waterfall) Lawe yang ada di Kebun teh Medini Kendal dan Curug Lawe Kalisidi Kecamatan Gunungpati. Namun sebagian masyarakat ada yang memberi nama Pantai Ngebum dengan sebutan Pantai Mororejo. Karena Pantai ini merupakan wilayah sekaligus tempat mata pencaharian Desa Mororejo.

Banyak kegiatan yang bisa traveler lakukan di Pantai Ngebum. Dari jalan-jalan, bermain ayunan, berenang, bersantai, berjemur dan masih banyak lagi. Kondisi pesisir Pantai Ngebum cukup landai, sehingga tidak membahayakan untuk berenang. Di Pantai Ngebum juga menawarkan pemandangan senja terbaik. Pemandangan matahari terbenam dengan suara deburan ombak yang menyapu kaki, bisa traveler rasakan di Pantai Ngebum.

Saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, traveler yang berkunjung ke Pantai Ngebum juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah yang berlaku.

Pesona Wisata Pantai Ngebum Kendal, Berwisata Ekonomis Bersama Keluarga -  Tribunjateng.com

Harga Tiket Masuk Pantai Ngebum
Tiket masuk ke pantai hanya Rp. 3.000,-, cukup merakyat memang. Setelah melewati tiket masuk, sekitar 100 meter kemudian petualang akan berada persis di ujung pantai Ngebum. Silakan untuk memarkir kendaraan yang banyak disediakan masyarakat dengan membayar Rp. 2.000,- untuk  roda dua. Berjalan beberapa langkah, sudah menemukan keindahan alam yang menajubkan. Ombak yang indah dan banyak kursi di pinggir pantai menambah nyaman suasana Pantai.

Parkir mobil di Pantai Ngebum Weleri yaitu Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 saat anda berkunjung menggunakan mobil. Harga tiket dan retribusi tambahan di Pantai Ngebum bisa berubah-ubah setiap waktu.

Rute
Untuk menuju ke Pantai Ngebum, petualang bisa melewati beberapa jalur yang mudah dilewati baik dengan motor atau mobil. Karena jalur ke pantai Ngebum sebenarnya merupakan jalur truk kontainer untuk membawa log (kayu) ke pabrik Kayu Lapis Indonesia dan Pabrik Rimba Partikel Indonesia yang berada di dekat Desa Mororejo.   Hanya berjarak sekitar 6km dari pusat kota Kaliwungu atau sekitar 15 menit perjalanan ke arah utara melewati Jalan Laut menuju Pantai Ngebum, petualang bisa leluasa mengendarai kendaraan sambil melihat pemandangan tambak ikan dan tanaman bakau di sisi kiri jalan. Atau melihat indahnya panorama pegunungan dan sawah yang membentang luas di sebelah kanan.

Bagi petualang yang memulai dari arah Kota Semarang, bisa di tempuh dengan waktu sekitar 30menit. Jalur yang harus ditempuh melewati beberapa titik seperti Tugu – Mangkang – Kota Kaliwungu – Jalan Laut – Mororejo (Pabrik Kayu Lapis Indonesia) – Pantai Ngebum. Atau jalur yang lain melewati Mangkang – Jalur lingkar Kendal – (sekitar 3km kemudian) ada tanda atau plang Pantai Mororejo (Pantai Ngebum) di sebelah kiri sebelum jalan naik – Belok kiri ke arah jalan kecil – Mororejo – Pantai Ngebum. Untuk yang satu ini disarankan petualang untuk pelan dan tidak mendadak waktu berbelok. Tenang saja, karena ketika sudah terlanjur melewati belokan, sekitar 10meter kemudian ada bebepa belokan ke arah kiri yang lain. Mudah bukan.