PEMKAB MAGELANG MEMPERKUAT SIGNAL INTERNET DEMI SIAPKAN TMEPAT WISATA DIUKA KEMBALI

Candi Borobudur
Candi Borobudur / beritakota.id

Meskibut tempat wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah masih belum beroperasional kembali, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang tetap melakukan persiapan dengan melakukan penguatan sinyal internet karena wisatawan diwajibkan melakukan scan barcode aplikasi PeduliLindungi. Pasalnya, sebagian besar tempat wisata di Kabupaten Magelang berada di pegunungan dan cekungan yang sulit sinyal.

Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang Slamet Achmad Husein mengatakan, pihaknya mengajukan penguatan sinyal internet ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Tengah. Pengajuan itu khususnya untuk desa wisata, serta tempat wisata penopang Destinasi Super Prioritas (DSP) Candi Borobudur dan sekelilingnya. 

"Beberapa waktu lalu ada program dari Diskominfo Provinsi Jawa Tengah, kami sudah sampaikan itu (penguatan sinyal). Kami minta 34 DTW (daya tarik wisata) dan 14 di antaranya adalah desa wisata di luar Candi Borobudur," tutur Husein, Minggu (19/9/2021).

Selain kesulitan sinyal, masih banyak wisatawanyang belum bisa mengakses Aplikasi PeduliLindungi di perangkat ponsel mereka. Adapun, beberapa tempat wisata di Kabupaten Magelang yang sulit sinyal di antaranya Mangli Sky View Kecamatan Kaliangkrik, Air Terjun Kedung Kayang, serta tempat wisata di kawasan lereng Gunung Merapi, Merbabu, dan Sumbing.

Saat ini hanya Candi Borobudur di Kabupaten Magelang yang sudah beroperasional. Meski belum boleh buka, lanjut Husein, pengelola tempat wisata di Kabupaten Magelang sudah mulai mempersiapkan diri agar layak dikunjungi wisatawan. Persiapan itu sesuai dengan ketentuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yakni Cleanliness, Health, Safety and Environment Sustainability (CHSE).  

"Sejauh ini, DTW yang sudah memegang sertifikat CHSE Kemenparekraf baru 2, yaitu Svargabumi dan Desa Bahasa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur. Tapi juga belum boleh buka," imbuh Husein. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkab Magelang Siapkan Tempat Wisata, Sinyal Internet Diperkuat", 


LOKASI