PENDAKIAN GUNUNG MERBABU VIA SUWANTING DAN WEKAS KEMBALI DIBUKA

Puncak Suwanting
Puncak Suwanting / Detik Travel

Setelah Thekelan kini pendakian ke Gunung Merbabu via Suwanting dan Wekas kembali dibuka mulai Sabtu (9/10/21). Pembukaan dua jalur terebut telah diumumkan oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Nomor PG/16/T.35/TU/EVLAP/10/2021 yang diunggah di akun  Instagram resmi BTNGB, Jumat (8/10). 

"Memperhatikan Rekomendasi Bupati Magelang Nomor: 100/3026/01.01/2021 tanggal 29 September 2021 tentang Izin Penyelenggaraan Kegiatan," informasi yang tertulis dalam pengumuman.


Pembukaan itu sesuai dengan rekomendasi Bupati Magelang, Jawa Tengah, tertanggal 29 September 2021 tentang Izin Penyelenggaran Kegiatan.

Selanjutnya, diinformasikan bahwa Obyek Wisata Pendakian Suwanting dan Wekas Seperti wista Grenden, Top Selfie dan Grejengan Kembar juga dibuka kembali dalam masa uji coba.

Pembukaan pendakian tersebut diikuti dengan beberapa syarat yang harus ditatati oleh para pendaki yaitu :
   • Calon pendaki wajib melakukan booking online melalui situs www.tngunungmerbabu.org pada menu 
      pendaftaran online.
   • Calon pendaki juga wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Gunung Merbabu sendiri memiliki lima jalur pendakian resmi, yakni sebagai berikut :
• Jalur Selo di Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali;
• Jalur Cunthel di Dusun Cunthel, Desa Kopeng, Kecamatan Getasan; Kabupaten Semarang;
• Jalur Thekelan di Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang;
• Jalur Suwanting di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang;
• Jalur Wekas, Dusun Kedakan, Desa Kenalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

4 Tempat Wisata di Sekitar Gunung Merbabu yang Bisa Dikunjungi Saat Jalur Pendakian Ditutup

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo merupakan jalur paling favorit karena selain cukup mudah, pemandangan yang ditawarkan jalur tersebut juga terbilang sangat indah. Namun ternyata terdapat jalur pendakian lain di Gunung Merbabu yang memiliki pemandangan tak kalah indah dengan jalur pendakian via Selo loh, yaitu jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting di Magelang.

Jalur via Suwanting ini menjadi jalur favorit kedua setelah Selo karena juga memiliki pemandangan padang savana rumput  yang sangat luas. Jalur pendakian Merbabu via Suwanting sebenarnya pernah dibuka pada tahun 1990 sampai 1998, namun setelah tahun 1998 jalur pendakian ini ditutup, dan pada bulan Maret 2016 jalur pendakian via Suwanting kembali dibuka hingga menjadi salah satu jalur favorit pendaki.

Jalur pendakian Merbabu via Suwanting terletak di Dusun Suwanting, Desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang . Lokasinya yang terletak tak jauh dari objek wisata Ketep Pass menjadikan Basecamp Suwanting cukup mudah untuk ditemukan. Jika melalui jalur ini, pendaki akan menjangkau puncak Merbabu dari sisi barat.

Pendaki harus melewati medan di tengah hutan lamtoro yang cukup panjang. Setelah melewati Pos 3, pendaki akan menemukan sabana yang sangat luas. Kemudian akan menemukan Puncak Triangulasi yang letaknya tak begitu jauh dari sabana.

Sementara jalur pendakian Gunung Merbabu via Wekas berlokasi di Dusun Wekas, Desa Kaponan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Jalur pendakian ini memiliki camping ground luas dan sumber air melimpah di Pos 2. Jika melewati jalur ini, pendaki akan bertemu dengan dua jalur pendakian lain, yakni Cunthel dan Thekelan.

 


LOKASI