PENGALAMAN BARU BERKUNJUNG KE BOROBUDUR DENGAN 9 TEMA BOROBUDUR TRAIL OF CIVILIAZATION,

Selain sebagai destinasi wisata, kawasan Candi Borobudur merupakan sallah satu tujuan religi bagi umat Budha.
Selain sebagai destinasi wisata, kawasan Candi Borobudur merupakan sallah satu tujuan religi bagi umat Budha. / (Foto: Shutterstock/dmitry_islentev)

Demi meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, pemerintah mengembangkan minat kunjungan wisatawan ke kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP) salah satunya di kawasan Candi Borobudur.

Candi Borobudur mengembangkan nya dengan program Borobudur Trail of Civilization (BToC) atau perjalanan wisata tematik. Program Borobudur Trail of Civilization bertujuan untuk menghadirkan pola-pola perjalanan atau travel pattern baru di sekitar kawasan Candi Borobudur. Bukan jalan-jalan biasa, Borobudur Trail of Civilization disusun berdasarkan relief yang ada pada Candi Borobudur yang menggambarkan peradaban sejak zaman kerajaan Hindu-Buddha di Jawa.

Tarik Turis, Kemenparekraf Rilis 9 Tema Perjalanan Berbeda di Candi  Borobudur - News+ on RCTI+

BToC akan mengajak wisatawan berkeliling berdasarkan cerita - cerita di relief Candi Borobudur.  Setidaknya akan ada 9 Subtema Borobudur Trail of Civiliazation, yaitu :

1. Waluku : Culvating Civilization
Wisatawan akan diajak untuk melakukan aktivitas wisata berupa rangkaian proses menanam padi di sawah dengan prosesi kirab budaya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email 

2. Body and Soul 
Wisatawan diajak melakukan aktivitas wisata berupa menikmati yoga dan pemijatan tradisional. Aktivitas ini bertujuan mengajak wisatawan memenuhi kebutuhan utama manusia dalam menjalankan kehidupan, yakni tubuh dan jiwa yang sehat. 

3. Skilled Hands 
Wisatawan akan diajak untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kerajinan tangan. Beberapa aktivitas yang akan dicoba oleh peserta subtema ini adalah membuat gerabah dan membatik dengan pewarna alami. 

4. Tropical Flora’s Wonderland 
Sesuai denga namanya, subtema satu ini pas bagi mereka para pencinta petualangan dan tanaman. Peserta akan diajak bertualang dan hiking untuk mengidentifikasi tanaman yang ada dalam relief Candi Borobudur. 

5. Walking with Stars 
Aktivitas wisata BToC ternyata tidak hanya dilakukan pada siang hari. Dengan subtema ini, wisatawan akan diajak berkemah. Rangkaian aktivitas adalah untuk mendapat pengetahuan seputar hubungan era tantara ilmu astronomi dan keberadaan Candi Borobudur. 

6. Sudhana Manohara: The Eternal Love Story 
Peserta akan diajak untuk melakukan aktivitas yang romantis, seperti melihat pertunjukan tari dan makan malam romantis. 

7. Journey of The Stones 
Peserta akan diajak untuk mempelajari sejarah pembangunan Candi Borobudur. Namun, peserta tidak sekadar belajar biasa. Mereka akan menyusuri sungai menggunakan gethek untuk mengambil batu dan memahatnya. 

8. Jataka Fable Stories 
Subtema ini cocok untuk anak-anak karena mengajak wisatawan untuk mempelajari ajaran moral berdasarkan karakter hewan di relief Candi Borobudur. Pelajaran dibawakan melalui cara hiburan. 

9. Music and Rhyme 
Pencinta musik akan cocok dengan subtema ini. Sesuai namanya, wisatawan akan diajak mengenal alat-alat musik Nusantara yang dipahat di relief Candi Borobudur.

Melalui Borobudur Trail of Civilization, diharapkan memberikan banyak manfaat dan kesempatan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar Candi Borobudur melalui peningkatan kunjungan wisatawan, meningkatkan kualitas kunjungan, hingga memperlama durasi tinggal.

Borobudur Trail of Civilization diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas beli wisatawan untuk menghasilkan pola perjalanan yang berkualitas. Misalnya dengan membeli produk-produk ekonomi kreatif lokal; kuliner, kriya, dan fesyen yang ada di sekitar Candi Borobudur.

Dengan kata lain, adanya era baru pariwisata berkelanjutan ini dapat menghadirkan peluang bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif setempat agar dapat bangkit di tengah pandemi saat ini.

 

 


LOKASI