PESONA, LOKASI DAN HTM WISATA TELAGA CLAKET WONOGIRI

Telaga Claket Wonogiri
Telaga Claket Wonogiri / Sumber: Instagram @bagoesir20

Telaga Claket yang berlokasi di Desa Sendangijo, Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah. Telaga ini sempat di klaim miniaturnya Ranu Kumbolo di Gunung Semeru. Berlokasi di dekat kaki bukit Bukit Wirodaren inilah yang membuat Telaga Claket dianggap mirip Ranu Kumbolo di lereng Gunung Semeru, Jawa Timur.

Pesona Telaga Claket
Telaga Claket merupakan tempat wisata yang dikelola dengan baik. Pengelola menanam berbagai macam bunga berwarna-warni di sisi timur telaga. Dua jenis bunga yang mendominasi adalah celosia dan matahari.

Selain itu, bunga ini juga ditanam di sisi kanan dan kiri jalan yang telah dibangun. Dengan demikian, pengunjung bisa berpose di jalan yang berlatarbelakang bunga-bunga. Saat permukaan air telaga dalam keadaan tenang, airnya bisa memantulkan warna-warni bunga yang tampak mempesona.

Telaga Claket, Miniatur Ranu Kumbolo di Wonogiri

Apa lagi ditambah pepohonan dan bukit yang ada di sekitarnya. Pengelola menyediakan pula dek yang dihias dengan ornamen menarik. Dek ini berlatar belakang telaga dan Bukit Widodaren. Lelah berkeliling telaga, pengunjung bisa beristirahat di gazebo. 

 

Berawal dari Pemancingan

Dikabarkan oleh situs resmi Pemprov Jateng, salah satu petugas Telaga Claket, Nano Cahyono mengatakan objek wisata ini bermula dari area pemancinganTetapi, melihat potensinya yang menjanjikan, mulai 2007 warga mulai mengelola secara serius. Hingga kini, pengunjung terus meningkat hingga mencapai 80 orang pada akhir pekan.

Harga Tiket dan Jam Operasional
Telaga Claket buka sejak pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Untuk memasuki destinasi ini, pengunnjung tak perlu merogoh kocek yang dalam. Hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 10.000 saja.

Untuk bisa berkeliling telaga dengan perahu, pengunjung cukup menyewanya seharga Rp 20.000 saja

Informasi mengenai jam operasional dan harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu.
 

 


LOKASI