RUTE DAN SYARAT MENGAP DI LINGGARJATI JOGLO

Penginapan Linggarjati Joglo di Magelang, Jawa Tengah.
Penginapan Linggarjati Joglo di Magelang, Jawa Tengah. / (Dok. Linggarjati Joglo)

Ada sebuah tempat penginapan baru yang terletak di Alas Krincing Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Namanya unik, Linggarjati Joglo. Seperti namanya, konsep desain dari penginapan ini adalah serupa tenda dan kombinasi beberapa gazebo berbentuk seperti rumah joglo dari kayu jati. 

"Karena mengambil tema glamping (glamour camping), desain kami ambil dari bentuk tenda, layaknya tenda kemah. Kombinasi dengan gazebo joglo di halamannya agar terlihat lebih kekinian," kata Edi yang merupakan pengelola Linggarjati Joglo saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (20/4/2021).

Linggarjati Joglo tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang ingin menginap, tetapi juga untuk para pengunjung lainnya yang ingin bersantai ria dan berfoto. Namun, pengunjung hanya bisa berada di wilayah Linggarjati Joglo mulai dari pukul 05:00-19:00 WIB. 

"Kami terbuka untuk siapapun, jadi tidak hanya untuk yang mau menginap saja. Banyak juga wisatawan yang biasanya datang hanya untuk foto-foto sambil menyantap makanan yang dibeli dari kantin kami dan bersantai di gazebo joglo," ujar Edi. 

"Tapi kami hanya batasi sampai jam 19:00 saja," lanjutnya. 

Rute menuju lokasi Linggarjati Joglo 
Jika sudah tiba di Kota Magelang, dari alun-alun kota pengunjung bisa mengarahkan kendaraan lurus ke arah barat menuju Gunung Sumbing. Apabila sudah sampai di Desa Mangli, maka lokasi Linggarjati Joglo sudah dekat.  Agar lebih mudah, pengunjung bisa menggunakan Google Maps untuk melihat patokan arah perjalanan. Durasi perjalanan kurang lebih satu jam. 

Akses ke Linggarjati Joglo 
Edi mengaku bahwa salah satu kendalanya saat ini adalah belum maksimalnya akses jalan untuk transportasi para pengunjung. 

"Saat ini, yang masih jadi kendala yaitu akses jalan masuk ke penginapan, terkait dengan wilayah jalur akses para petani. Bahkan akses mobil pun tidak bisa, jadi harus parkir di tempat lain sekitar 500 meter dari lokasi," ujarnya. 

"Kalau tempat parkir itu lahan milik desa setempat, wisatawan yang hanya berkunjung cukup membayar Rp 5.000, kalau yang menginap perlu membayar Rp15.000 per malam," lanjutnya. 

Ia menambahkan, sementara ini ada tukang ojek yang siaga membantu para pengunjung untuk masuk ke wilayah Linggarjati Joglo. Perjalanan menggunakan motor dari tempat parkir ke penginapan memakan waktu 15 menit. 

Namun, ia mengungkapkan bahwa ada sebagian pengunjung yang lebih senang berjalan kaki menuju area Linggarjati Joglo, lantaran ingin sambil menikmati udara dan suasana pegunungan di sana.

Syarat dan ketentuan menginap di Linggarjati Joglo
Adapun syarat dan ketentuan bagi para pengunjung yang ingin menginap di Linggarjati Joglo adalah sebagai berikut: 

  1. Pasangan menikah wajib membawa KTP asli dan fotokopi surat nikah atau bukti lainnya sebagai pasangan resmi menikah. 
  2. Lawan jenis yang bukan pasangan resmi menikah tidak diperkenankan menyewa satu glamp yang sama. 
  3. Dilarang membawa senjata tajam, minuman keras jenis apapun, narkotika, psikotropika, serta obat-obatan terlarang lainnya. 
  4. Kamar yang dihuni lebih dari dua orang akan dikenakan biaya tambahan (anak umur tiga tahun keatas sudah dikenakan biaya tambahan). 
  5. Waktu check in glamp pukul 15:00 WIB. 
  6. Waktu check out glamp pukul 12:00 WIB, selebihnya akan dihitung 1 malam berikutnya.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Linggarjati Joglo, Penginapan Glamping Unik di Magelang"

 


LOKASI