SATE BLENGONG KULINER KHAS BREBES

sate blengong khas brebes
sate blengong khas brebes / Visit Jawa Tengah

Sate Blengong merupakan salah satu kuliner Brebes, Sate Blengong ini adalah hewan persilangan antara bebek dan mentok. sate ini sama dengan sate lainya dalam penyajianya. yang membedakan hanya daging yang digunakan blengong. dalam penyajianya menggunakan tusuk sate yang lebih besar dan panjang. selain itu yang membedakan yaitu proses pembuatan sate blengong. sate ini dibuat dengan merebus daging blengong dengan menggunakan bumbu santan dan menggunakan berbagai macam rempah lainya dengan waktu yang agak lama. tujuanya supaya daging blengong terasa empuk dan bumbu rempahnya meresap.

Tekstur sate blengong ini rasanya enak dan berbeda dengan sate lainya. teksturnya yang lembut dan mempunyai rasa pedas yang khas. Sate Blengong ini menjadi makanan favorit di masyarakat termasuk warga asli Brebes maupun dari luar kota. Sate Blengong juga mudah di temui di banyak warung yang ada di Kompleks Alun-Alun Kabupaten Brebes. sate blengong ini harganya mulai dari Rp 4.000 rupiah hingga Rp 8.000 Rupiah per tusuk satenya. tergantung daging.

Sate Blengong ini lebih rendah lemak, empuk, dan tidak amis. penyajian sate blengong ini biasanya dipadukan dengan menggunakan sate. kebanyakan warung yang menjual Sate Blengong Khas Brebes ini mulai pada sore sekitar jam 16.00 WIB sampai malam yang berlokasi di kawasan Alun-Alun Brebes.

 


LOKASI