SEMARANG NIGHT CARNIVAL 2022, AKAN SEGERA HADIR SECARA ONLINE

Semarang Night Carnival 2022
Semarang Night Carnival 2022 / IG @disbudparkotasemarang

Acara tahunan Semarang Night Carnival akan kembali dilaksanakan tahun 2022 ini. Hal ini terlihat dari pergerakan ekonomi dan pariwisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibition) di kota Semarang mulai bangkit pasca pandemi Covid-19.

Semarang Night Carnival merupakan ajang karnaval pertama yang digelar malam hari. Pada awalnya Semarang Night Carnival dilaksanakan pertama tahun 2011 merupakan salah satu agenda perayaan HUT Kota Semarang yang kemudian dijadikan agenda tahunan.

Akhir Pekan ini, Jangan Lewatkan Semarang Night Carnival

Semarang Night Carnival diikuti sekitar 1.500 peserta yang mengenakan kostum beraneka macam seperti flora, fauna, tradisi hingga corak jawa, Cina, Arab dean Belanda. Hal itu sesuai dengan karakter Kota Semarang sebagai kota pesisir yang banyak berakulturasi dengan budaya luar.

Diantara rombongan ada Warak Ngendok dan replica Kapal Cheng Ho, Tari Gambang Semarang, marching band juga rombongan alat music perkusi dan rebana. Parade seni dan budaya yang gemerlap itu ditutup dengan kemeriahan pesta kembang api.

Tema SNC 2022
Semarang Night Carnival (SNC) tahun 2022 ini mengangkat tema Trilogy, yaitu keseimbangan, keselarasan, kedamaian, dan kenyamanan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, dan manusia dengan manusia. Rencananya Semarang Night Carnival (SNC) akan digelar di Sirkuit Internasional Mijen, pada tanggal 28 Maret dan diselenggarakan dengan cara Hybrid (Offline terbatas dan Online Streaming).

Sirkuit Internasional Mijen dipilih sebagai untuk mempermudah pengaturan kegiatan, mengingat hingga kini pandemi Covid-19 belum juga selesai. Dengan luas sirkuit sekitar 5,1 ha menjadi salah satu faktor agar bisa dilakukan pemantauan terhadap penonton yang datang akan lebih mudah.

Peserta SNC tahun ini dibagi menjadi 2 jenis kepesertaan :
• Peserta senior adalah peserta yang sudah mengikuti SNC 2 kali atau lebih. 
• Peserta junior adalah peserta SNC yang ikut pertama kali di tahun ini

Semarang Night Carnival memiliki 4 tema kostum yaitu Hutan Tinjomoyo, Goa Kreo, Recycle dan Payung. Total ada 102 kostum yang akan perform di hadapan tamu undangan, 32 Kostum Bertema Tinjomoyo, 32 Kostum bertema Payung, 15 Kostum bertema Goa Kreo dan 32 Kostum bertema recycle. 

SNC tahun 2022 ini berbarengan dengan acara Healthy Cities Summit, oleh sebab itu acara SNC ini secara offline hanya dihadiri oleh tamu-tamu Semarang Healthy Cities Summit 2022. Sedangkan untuk masyarakat, panitia akan menyiarkan secara Live Streaming di Akun Youtube Disbudpar Kota Semarang, pada Senin malam pukul 19.30 WIB.

 

 


LOKASI