SENSAI WISATA ADRENALIN RAFTING DI SUNGAI ELO MAGELANG

Sungai Elo
Sungai Elo / Wisata Kita

Rafting Sungai Elo Magelang terbilang aman untuk pemula karena berada pada tingkat II-III. Bagi wisatawan yang tak bisa berenang pun dapat mengikuti kegiatan ini dengan keseruan yang sama. Jangan khawatir, pasalnya tersedia pelampung yang wajib dipakai penumpang sebelum, dan selama kegiatan berlangsung. Rafting di Sungai Elo ditempuh dengan jarak 12,5 kilometer dengan waktu perjalanan 2,5 jam pengarungan.

Selama perjalanan, kamu akan meraskan keseruan menyusuri sungai dengan arus cukup deras itu. Terlebih ketika perahu kamu tersendat dan terbentur batu, kamu akan sama-sama berusaha bagaimana mengembalikan posisi perahu seperti semula. Namun di situlah tantangan dari aktivitas rafting sungai. Selain itu, rafting Sungai Elo memiliki ciri khas karena aliran air yang jernih dan dikelilingi hutan serta pemandangan desa setempat.  

Informasi tentang sungai elo ? Magelang Online

Arus aliran sungai Elo akan lebih deras pada musim hujan. Pada saat itu, kata dia, banyak wisatawan yang lebih menyukai rafting karena aliran air lebih deras. Pihak kami menyediakan buah kelapa dan beberapa camilan untuk kami nikmati. Hal ini merupakan salah satu fasilitas yang akan didapatkan wisatawan rafting. Setelah selesai istirahat selama 30 menit, kami kembali melanjutkan perjalanan susur sungai Elo dan tiba lah di tujuan akhir jembatan Mendut.  Kembali ke Basecamp.

Banyak Paket yang disediakan untuk mengikuti arung jeram di Sungai Elo, salah stunya yang disediakan oleh Merapi Advanture. Merapi Advanture menyediakan paket New Normal mulai harga Rp 650.000 sampai dengan Rp 1.250.000.

Tips Rafting Sungai Elo Magelang
Tubuh dalam Kondisi Prima

Bagi Anda yang ingin melakukan olahraga rafting, pastikan diri Anda saat ini memiliki kondisi tubuh yang prima. Hal ini merupakan syarat utama bagi Anda yang baru pertama kali mencoba olahraga rafting. Mungkin Anda saat ini berpikir bahwa kemampuan berenang wajib dikuasai sebelum bermain rafting. Hal tersebut bisa benar jawabannya,tetapi tidak mutlak. Anda akan dibekali dengan pelampung sehingga Anda tidak perlu harus pintar berenang, melainkan bagaimana Anda bisa tetap tenang dalam segala kejadian. Makanya, hal tersebut yang paling penting yang dibutuhkan adalah kondisi tubuh yang prima supaya Anda dapat selalau tenang dan dapat mengikuti instruksi yang diberikan pemandu.

Pergunakan Pakaian yang Tepat
Biar Anda tetap merasa nyaman saat rafting, bpergunakanlah pakaian dan alas kaki yang tepat atau sesuai. Saat ini, lupakanlah menggunakan celana jeans atau kemeja, apalagi menggunakan perhiasan (bagi yang perempuan). Anda hanya cukup menggunakan kaos dan celana pendek atau pakaian yang aman untuk olahraga rafting. Pastinya olahraga ini tidak akan lepas dengan yang namanya olahraga air dan pastinya pakaian yang Anda gunakan akan basah kuyup. Untuk penggunaan alas kaki, hindari penggunaan sandal jepit. Kenapa? Hal ini dikarenakan alas kaki tersebut dapat terlepas dari kaki dan cenderung licin. Namun demikian, Anda tidak perlu menggunakan sepatu. Dalam olahraga ini alas kaki yang tepat untuk digunakan adalah sandal untuk kegiatan outdoor. Nah sudah tau khan sandal outdoor seperti apa?

Perlengkapan Rafting Lengkap
Walaupun Anda pintar berenang, Anda tetap saja berkewajiban untuk menggunakan rompi pelampung yang sesuai dengan tubuh Anda dan helm yang bertujuan untuk melindungi kepala dari benturan. Jika rompi pelampung yang Anda gunakan kebesaran, Anda cukup menarik tali di bagian samping rompi dan sesuaikan dengan ukuran badan. Kemudian pilihlah helm yang pas di dan talinya usakan mengikat sempurna melingkar di bawah dagu. Jangan sampai tali terlalu sempit karena akan membuat dagu merasa sakit dan jangan juga terlalu kendor karena akan mudah lepas jika terjadi goncangan.

Pemanasan
Sebelum Anda terjun ke sungai, pastikan Anda melakukan pemanasan atau peregangan. Hal ini dikarenakan aktifitas rafting sangat membutuhkan semua kerja otot dari atas hingga bawah, sehingga dimungkinkan akan terjadi cidera yang tidak kita inginkan.pastikan pemanasan dilakukan untuk kesemua otot dari atas, dimulai dari leher, tangan, pinggang dan kaki. Jika pemanasan telah usai, Anda sudah dapat turun kesungai dan rasakan sensasi bermain rafting sungai Elo Magelang ini.

Lakukan Hal Ini Saat Terjatuh
Bermain rafting kalau tidak terjatuh atau tercebur ke dalam sungai rasanya ada yang kurang dan pastinya akan jarang terjadi. Rafting merupakan olahraga di air yang pastinya sedikit banyak akan terkena air. Bila Anda terjatu, pastikan diri Anda hal yang pertama kali dilakukan adalah jangan panik. Setelah tubuh terkondisikan, mulailah dengan mengarahkan tubuh menghadap ke atas dan terlentang seolah-olah Anda sedang berbaring di atas air. Pasrahkan arah tubuh Anda mengikuti arus air sungai. Pemandu yang bersama Anda di kapal pasti akan memberikan pertolongan penyelamatan kepada Anda.

 

 


LOKASI