TAMAN MARGASATWA SEMARANG, DESTINASI WISATA YANG COCOK UNTUK BERLIBUR BERSAMA KELUARGA

Taman Margasatwa ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang.
Taman Margasatwa ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. / KSMTour.com

WISATA SEMARANG – Ada banyak sekali rekomendasi tempat wisata di Semarang, baik dikotanya ataupun di kabupatennya yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan bersama dengan keluarga ataupun teman. Jika datang ke Semarang, wisatawan bisa menemukan berbagai destinasi seperti wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Taman Margasatwa Semarang (Zoo). 

Taman Margasatwa ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang dan juga cocok sebagai sarana wisata edukasi bagi anak-anak. Taman margasatwa berlokasi di Jalan Raya Semarang – Kendal KM 18, dan berada di seberang Terminal Mangkang Semarang. Untuk dapat menuju ke Kebun Binatang ini hanya memakan waktu 32 menit dari pusat kota dan menempuh jarak sekitar 25 kilometer.  

Taman Margasatwa ini mengusung konsep konservasi, pendidikan, dan rekreasi. Para wisatawan yang datang ke tempat ini bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, mengenai kekayaan flora dan fauna yang tersebar di seluruh Indonesia. Area ini memiliki luas sekitar 10 hektar. 

Taman Margasatwa atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang ini sudah memiliki lebih dari 281 jenis hewan satwa dan setiap periodenya akan selalu bertambah jenis satwa lainnya untuk melengkapi koleksi yang ada di Kebun Binatang tersebut.  Diantara hewan tersebut terdapat Harimau, Gajah, Buaya, Ular, Rusa, Monyet, Singa, Burung, Luwak, Jerapah, Unta, dan puluhan hewan lainnya.

Harga tiket masuk dari Taman Margasatwa ini cukup terjangkau bagi para wisatawan, yaitu dengan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 25.000 saat weekend, sedangkan Rp. 20.000 saat weekdays. Sedangkan untuk tiket hari libur dikenai sebesar Rp. 35.000.  

Fasilitas yang diberikan oleh kebun binatang sangat banyak dan cukup memadai. Terdapat permainan anak, perahu motor, becak air, atraksi tunggang hewan, gedung sinema satwa, museum satwa, arena ketangkasan, outbond, serta ada wahana waterboom. Water Boom saat ini sedang menjadi salah satu daya tarik utama dari Kebun Binatang ini. 

Tidak hanya itu, Kebun Binatang ini juga ada beberapa kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan. Para wisatawan dapat melihat melihat hewan mamalia seperti gajah, jerapah, rusa yang berada di kandang terbuka yang luas. Hewan-hewan tersebut dapat bergerak bebas berlarian tanpa terkurung di jeruji yang sempit. 

Wisatawan juga bisa belajar banyak di museum hewan yang menyimpan berbagai hewan yang diawetkan seperti macan tutul, harimau dan lain-lain. Sebagian besar hewan di museum ini  mati di kebun binatang karena usia atau penyakit. 

Tidak Cuma hanya melihat, akan tetapi pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan bebrapa hewan yang ada disana. Ada area seperti baby zoo di mana wisatawan bisa langsung menyentuh hewan seperti bayi-bayi hewan seperti harimau dan berfoto bersama. Berbagai jenis ular sanca dan ular lainnya dapat difoto dengan aman di area reptil. Mirip dengan kawasan burung, di sini wisatawan bisa bermain dengan berbagai jenis burung, seperti burung hantu atau elang. 

Taman Margasatwa Semarang dapat dikunjungi setiap hari mulai  pukul 08.00 - 15.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi kebun binatang ini tentunya pada pagi hari, saat  matahari tidak terlalu terik. Direkomendasikan datang saat musim panas atau kemarau agar wisatawan  terhindar dari hujan saat bepergian. Bawalah topi saat berkunjung  dan awasi anak-anak, terutama saat mendekati kandang hewan, agar liburan tetap menyenangkan.


 


LOKASI

https://goo.gl/maps/dBBLAGrWBGwbVA799