TEMPAT BERBURU OLEH OLEH KHAS SOLO, MULAI DARI JAJANAN PASAR SAMPAI BARANG ANTIK

Pasar Gede, Solo.
Pasar Gede, Solo. / Tempo/Ahmad Rafiq

Kurang lengkap rasanya ketika mudik atau berkunjung ke suatu daerah tidak membawa oleh - oleh untuk keluarga di rumah terutama jika kamu berkunjung ke Kota Solo. Kota Solo dikenal sebagai pusat kuliner dan kerajinan. Beragam kuliner dan kerajinan khas Solo menjadi daya tarik wisatawan. 

Kampung halaman Presiden Joko Widodo ini punya sisi lain yang menarik untuk dikunjungi. Selain destinasi wisata sejarah dan budaya, traveler juga dimanjakan dengan tempat wisata belanja oleh-oleh yang beragam. Mulai dari batik, kerajinan tangan barang antic sampai dengan jajanan khas Solo.

1. Pasar Gede
Pasar Gede adalah pasar tradisional di Kota Solo yang kerap jadi jujugan wisatawan. Lokasinya yang strategis membuat Pasar Gede Solo yang diresmikan oleh Paku Buwana X pada 12 Januari 1930 ini mudah dijangkau oleh banyak kalangan wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh seperti pecel, intip goreng, dodol dan masih banyak lagi.

Asal-usul Pasar Gede Hardjonagoro Solo : Inilah Sosok Hardjonagoro yang  Diabadikan Jadi Nama Pasar - Tribunsolo.com

Pasar yang dikenal dengan slogan Pasar Gede mboten sare atau Pasar Gede tidak tidur. Memang, sebagian kios di Pasar Gede buka 24 jam, khususnya kios buah. Pasar Gede juga disebut Pasar Gede Hardjonagoro. Pasar ini menjadi ikon wisata Kota Solo.

Lokasi : Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

2. Toko Roti Orion


Toko Roti Orion yang berdiri sejak tahun 1932 sebelum Indonesia merdeka menjadi salah satu toko tertua di Indonesia. Tak heran, wisatawan yang berkunjung ke Solo selalu menyempatkan membeli aneka kue, roti, dan jajanan lain di sini.

Roti yang banyak dicari dan menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Toko Orion Solo adalah mandarin.

Lokasi : Jl. Urip Sumoharjo No. 80 Solo
Jam Operasional : setiap hari mulai pukul 07.30 WIB hingga 20.00 WIB.

3. Pasar Klewer

Pasar Klewer Solo: Salah Satu Pusat Perbelanjaan Terbesar di Kota Solo -
Kamu ingin membawa pulang batik, coba mampir ke Pasar Klewer. Di Pasar ini kamu bisa menemukan banyak pedagang pakaian dan produk batik lainnya dengan harga yang bervariasi, ada yang murah hingga mahal tergantung motif dan kualitas barangnya. Buat kamu yang berburu oleh-oleh di Pasar Klewer jangan lupa untuk menawar agar sesuai dengan kantong.

Lokasi: Jalan Dr. Radjiman, No 5A, Gajahan, Kec. Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah.

4. Sentra Oleh-oleh Abon Mesran

Pusat Beli Oleh-oleh Abon dan Srundeng, Sentra Oleh-oleh Mesran
Tempat oleh-oleh yang bisa Anda kunjungi saat di Solo adalah sentra oleh-oleh Abon Mesran. Kamu bisa membeli abon sapi rasa manis dan pedas. Ada juga serundeng manis dan pedas. Selain abon, Sentra Oleh-oleh Abon Mesran juga menjual bandeng juwana, kue basah dan kering, sambel pecel dll.

Lokasi : di Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo.
Jam Operasional :  setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB 

5. Beteng Trade Center

Surga Belanja di Pasar Beteng Solo - Beteng Trade Center -  PetaTempatWisata.com
Selain Pasar Klewer, kamu bisa mencari oleh-oleh berupa kain batik atau baju batik, dapat mengunjungi Beteng Trade Center (BTC). Di sini banyak pedagang produk batik, seperti kain, kemeja, blus, celana, rok, dan sebagainya. Meski dikenal sebagai salah satu pusat batik di Solo, BTC juga menjual aneka produk lain seperti jilbab, tas, aksesoris, dan aneka busana. 

Lokasi: Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah (sebelah PGS)

6. Toko oleh-oleh Cokro

Toko Bu Cokro
Satu lagi tempat belanja oleh-oleh di Solo, yakni toko oleh-oleh Cokro. Toko oleh-oleh Cokro menjual aneka jenis makanan kering maupun basah khas Solo. Sebut saja, emping, peyek, karak, abon, serundeng, ampyang, rambak kulit, aneka keripik, dan lain-lain.

Lokasi Jl. Dr. Rajiman No. 609 Laweyan, Solo. 
Jam Operasional : setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

7. Pasar Triwindu

Berburu Barang Antik Sekaligus Foto Instagenik di Pasar Triwindu
Tempat belanja oleh-oleh di Solo yang satu ini memiliki ragam jenis benda antik dan unik yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga hiasan dinding yang unik bisa traveler temukan di Pasar Triwindu. 

Lokasi: Ngarsopuro, Jalan Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah.

8. Ganep Tradisi Solo

Roti Ganep Tradisi Solo: Toko Oleh-oleh Khas Solo yang Masyhur dengan Roti  Kecik-nya | Wonderful Solo
Tempat oleh-oleh yang lainnya di Solo, yakni toko Ganep Tradisi Solo. Selain mendatangi ke tokonya kamu juga bisa berbelanja secara online apabila malas datang ke toko. Caranya, Anda cukup mengakses melalui laman www.rotiganep.com.

Toko roti Ganep Tradisi Solo berdiri sejak tahun 1881. Roti Ganep terkenal dengan produk unggulan dan ikoniknya roti kecik. Selain roti kecik, Ganep juga menjual roti kering (kue garut, bolu kering, stick crackers, kastengel, lidah kuding, dan lain-lain).

Ada juga roti basah (roti pisang, roti santen, roti krumpul, roti enten, cake kismis, mandarin, brownies, roti blouder, dan lain-lain) dan keleman atau jajan pasar (kroket, resoles, timlo goreng, keju pan, martabak, klepon, semar mendem, arem-arem, lemper, dan lain-lain).

Lokasi :  Jl. Sutan Syahrir No. 176 Tambaksegaran, Solo.
Jam Operasional : buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB.

 

 


LOKASI