TIPS AMAN AJAK ANAK STAYCATIOAN DI HOTEL SELAMA PANDEMU

Ajak Anak Staycation di Hotel
Ajak Anak Staycation di Hotel / Istimewa

Libur Natal dan Tahun baru sudah didepan mata, tapi disayangkan pemerintah menetapkan pelarangan untuk PNS, BUMN dan beberapa perusahaan untuk Mengambil cuti Bahkan liburan keluar kota.

Sebagai salah satu cara untuk mencegah kejenuhan dan stres di masa pandemi, serta mulai diberlakukannya kebijakan new normal, staycation atau menginap di hotel menjadi alternatif yang dipilih oleh banyak orang.

Banyak yang harus dipersiapkan jika berpergian / staycation dengan keluarga terutama jika anda masih memiliki anak kecil. Berikut tips staycation aman bersama anak :
1. Pilih hotel dengan standar prokes ketat
Meski kasus penyebaran virus corona sudah mulai berkurang, namun sebagai orangtua anda tetap perlu waspada dan memberikan perhatian khusus bagi buah hati tercinta. 
Salah satu tips utama saat memutuskan staycation bersama si kecil di masa pandemi adalah memilih hotel dengan standar prtokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mulai dari sanitasi ruangan, pengecekan suhu tubuh, dan lainnya.

2. Informasikan kedatangan 
Dibutuhkan waktu 30 menit untuk sterilisasi kamar, sementara agar baunya hilang memakan waktu 15 menit. Jadi lebih baik untuk konfirmasi pihak hotel kapan anda tiba, sehingga periode sterilisasi kamar tidak terlalu jauh dari periode waktu tamu check-in. Adapun imbauan itu dimaksudkan agar kamar terasa lebih segar karena baru saja disterilkan oleh pihak hotel.

3. Minta sterilisasi kamar dua  
Anak-anak sering sensitif terhadap virus, ada baiknya mintalah pihak hotel untuk melakukan  sterilisasi kamar selama anda pergi.

4. Pilih hotel family friendly
Tak sekadar memilih hotel untuk menginap bersama anak, pastikan juga hotel yang anda pilih cukup bersahabat untuk anak. Khususnya hotel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk anak seperti playground atau pun kolam renang.

Dengan adanya fasilitas tersebut, si Kecil bisa menikmati liburan singkatnya tanpa harus berada di dalam ruangan saja. Namun, pastikan untuk tetap perhatikan prokes yang ada antar sesama pengunjung.

5. Bawa masker ekstra  
Penggunaan masker merupakan hal yang wajib dipatuhi ketika anda dan keluarga sedang di area publik. Ada beberapa hotel menyediakan masker extra, namun jika anda dan keluarga menginap di hotel bintang 3 ke bawah sebaiknya membawa masker extra.

7 Hotel Populer di Jakarta untuk Staycation – Ceritaeka

6. Perhatikan jumlah tamu di restoran
Saat ini, layanan buffet di restoran sudah dibuka kembali meski makanan para tamu masih harus diambilkan oleh staf hotel. Tidak hanya itu, ada juga pembatasan kuota tamu yang hendak sarapan di hotel untuk mencegah kerumunan.

7. Reservasi dulu sebelum berenang 
Jika ingin berenang ada baiknya reservasi dulu dan memberi tahu akan berenang jam berapa. Hal ini diberlakukan untuk beberapa hotel di Indonesia. 
Jangan lupa untuk untuk membawa perlengkapan berenang sendiri seperti pelampung, baju renang dan kacamata renang. Karena saat ini kandungan pH di air kolam renang ditingkatkan berdasarkan ketentuan pemerintah, disarankan untuk menggunakan kacamata renang agar tidak perih. Jika sudah selesai renang, segera bilas agar kulit tidak kering atau gatal-gatal.

8. Bawa hasil negatif Covid-19 
Jika staycation di atas tiga hari Apabila hanya staycation tidak lebih dari tiga hari, Prita menjelaskan bahwa pihaknya tidak mewajibkan seluruh tamu, termasuk anak-anak, untuk menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 baik itu PCR maupun rapid antigen.


 


LOKASI