TIPS MENGEMAS BARANG BAWAAN UNTUK TRAVELING DENGAN PESAWAT

Ilustrasi Tas Travel
Ilustrasi Tas Travel / Getty Images

Kamu suka traveling menggunakan pesawat, tetapi masih sering kesusahan dalam mengaturnya dalam koper? Naik pesawat itu sangat menyenangkan dan menghemat waktu, namun kamu harus menyeleksi barang apa yang akan kamu bawa.

Membawa bagasi kabin adalah salah satu cara untuk menghemat waktu dan biaya perjalanan.  Sebab, umumnya calon penumpang pesawat tidak perlu antre untuk mendaftar bagasi. Mereka juga hanya perlu menyimpannya di tempat yang telah disediakan di kabin pesawat. 

Brikut tips mengemas bagasi kabin pesawat atau carry-on bags:
1. Bawa tas jinjing / koper yang tepat

Yang perlu kamu  perhatikan adalah membawa tas yang tidak terlalu besar untuk masuk ke kabin atau beratnya kurang dari 2.7kg. Ini karena tempat penyimpanan tas di kabin pesawat punya ukuran terbatas. Jika kelewat besar, mau tidak mau harus diletakkan di bagasi.

Kamu bisa memanfaatkan tas jinjing untuk diisi dengan beberapa perlengkapan agar koper tidak terlalu banyak memuat barang. Tetap hati-hati agar jangan sampai barang bawaan yang diletakkan di kabin ini tercecer saat hendak mengambil sesuatu.

2. Bawa barang secukupnya
Tidak hanya barang di bagasi yang akan ditimbang, barang yang dibawa di cabin pun akan ditimbang. Apabila berat bagasi kabin melewati batas yang ditentukan, maka calon penumpang wajib membayar biaya tambahan.  

Bagasi kabin yang terlalu berat dapat menyulitkan calon penumpang saat mengangkat dan menyimpannya ke dalam kompartemen di bagian atas kepala.  Umumnya maskapai penerbangan memiliki ketentuan tersendiri terkait dimensi dan berat bagasi kabin. Penerbangan Sriwijaya Air, misalnya, menerapkan aturan berat bagasi kabin maksimum adalah 7 kilogram dengan dimensi 56 cm x 33 cm x23 cm. 

3. Pastikan Baju dalam Kondisi Kering
Baju yang basah akan memberatkan koper. Jika kamu bermain di pantai atau kolam renang, sebaiknya segera cuci dan keringkan pakaian yang dikenakan saat bermain air. Pakaian yang kering bisa meringankan berat koper.

4. Jangan membawa cairan atau gel lebih dari 100 mililiter (ml) 
Jangan menaruh cairan, gel, dan laptop di bagian bawah tas. Sebab, barang-barang tersebut harus dikeluarkan untuk kepentingan pemeriksaan sebelum keberangkatan. 
Hindari membawa botol sampo atau sunscreen (tabir surya) yang masih terisi penuh ke dalam bagasi kabin. Sebagai gantinya, wisatawan dapat menaruh botol-botol tersebut ke bagasi terdaftar mereka. 

Berdasarkan aturan dari Transportation Security Administration (TSA), calon penumpang diizinkan membawa barang-barang berbentuk cairan, aerosol, gel, krim, dan pasta dalam bagasi kabin mereka. Kendati demikian, wadah untuk barang-barang tersebut harus bervolume tidak lebih dari 100 ml per barangnya. Sebaiknya barang-barang tersebut diletakkan di sisi tas yang lebih mudah diraih agar menghemat waktu pengecekan. 

5. Selalu siapkan in-flight essentials 
Siapkan tas kecil khusus berisi barang-barang yang wajib dibawa agar tidak kelelahan dan bosan saat di pesawat. Sehingga, saat tiba waktunya bepergian nanti, calon penumpang pesawat bisa langsung membawa satu tas tersebut tanpa harus mencari barang satu-persatu.  Isi dari tas tersebut tergantung kebutuhan, mulai dari earbud, headphone, hand sanitizer, hand cream, masker mata, bantal leher, dan buku untuk dibaca. 

Meski calon penumpang yakin bahwa tas mereka sudah sesuai aturan baik dari berat maupun ukurannya, mereka tetap harus siap untuk diperiksa saat di bandara. Untuk berjaga-jaga, selalu pastikan semua dokumen penting dan obat-obatan pribadi tersimpan di dalam tas. Pastikan juga ada label terpasang di tas. 

Setelah mengepak barang selesai, pastikan timbang dulu berat total barang bawaan Anda. Jangan lupa mengecek batas berat bagasi di kabin untuk maskapai yang akan digunakan.

Jika ingin memperoleh ruang bagasi yang lebih besar, calon penumpang dapat membeli voucher bagasi tambahan, atau menghitung kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku saat itu. Sebenarnya, aturan bagasi berbayar seperti ini sudah diberlakukan oleh berbagai maskapai penerbangan di seluruh dunia.

 

 

 


LOKASI