TUMPENG MENOREH MENYEDIAKAN PRIVAT WISATA DIJAMIN AMAN

Tumpang Menoreh
Tumpang Menoreh / IG @tumpengmenoreh

Tumpeng Menoreh merupakan salah satu tempat wisata sekaligus restoran baru yang tengah naik daun belakangan ini. Sebab, bangunan heksagonel di perbukitan Menoreh ini menawarkan pemandangan sunrise yang apik. 

Namun, Tumpeng Menoreh saat ini tutup untuk aktivitas wisata umum. Restoran yang sebelumnya buka selama 24 jam pun harus membatasi jam operasional, yakni hanya pukul 08.00-20.00 WIB. Semua itu karena PPKM Darurat Jawa Bali pada 3-20 Juli 2021.

Vokalis Endank Soekamti sekaligus pemilik Tumpeng Menoreh Erix Soekamti mengatakan bahwa restorannya tetap melayani takeaway. Untuk wisata umum yang tutup sementara, Tumpeng Menoreh ternyata menyediakan paket wisata baru sebagai alternatif. Paket itu adalah wisata privat. 

“Memang (restoran) tidak tutup, dianjurkan pemerintah untuk takeaway. Tapi tempat kita jauh banget, di puncak gunung. Dari Yogyakarta satu jam. Jadi kita ganti strategi dengan menjual paket privat,” kata Erix kepada Kompas.com, Minggu (4/7/2021). 

Lebih lanjut, paket wisata privat ini terbilang cukup ekslusif. Sebab, Tumpeng Menoreh hanya akan dihadiri oleh pemesan paket.

Selama berada di sana, para tamu akan diberi waktu maksimal satu jam untuk menikmati hidangan dan keindahan panorama alam. Sementara itu, para staf akan pergi ke area lain untuk menjaga jarak. 

“Jadi konsumen saja. Kalau booking, kita sudah siapkan meja dan hidangan di situ. Nanti kalau (tamu) sudah pulang, baru kita keluar untuk membereskan (meja),” jelas Erix. 

Syarat dan cara reservasi paket wisata privat Tumpeng Menoreh 
Jika tertarik berkunjung dan menikmati hidangan yang ada sambil ditemani pemandangan yang indah di Tumpeng Menoreh, kamu hanya perlu mengontak nomor WhatsApp yang tertera di akun Instagram @tumpengmenoreh. Untuk pemesanan, Erix mengatakan bahwa pihaknya membatasi kunjungan untuk minimal lima orang dan maksimal 10 orang per paket.

“Karena memang (Tumpeng Menoreh) tempatnya jauh, kita jual (paket) eksklusif. Kalau mau pesan, minimal lima orang maksimal sepuluh orang. Paket Rp 500.000 atau Rp 1 juta. Menu tumpeng,” ujar dia. 

Sementara untuk minuman, beberapa yang tersedia adalah wedang rempah, wedang uwuh, dan teh sangrai dengan bahan-bahan lokal dari warga setempat. Saat menghubungi WhatsApp restoran tersebut, calon pengunjung cukup memberi tahu kapan mereka akan datang dan pada pukul berapa. Selanjutnya, pembayaran paket wisata privat dilakukan langsung tanpa down payment (DP). 

“Tidak bayar DP, harus di muka. Takutnya mereka enggak jadi datang. Karena kita sudah tutup semua (area restoran). Jadi mereka tidak akan ketemu orang lain, privat,” imbuh Erix. 

Tumpeng Menoreh berlokasi di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, menuju Tumpeng Menoreh paling pas melalui Kulon Progo. Jarak dari Tugu Pal Putih di Kota Yogyakarta menuju restoran ini adalah sekitar 1 jam atau 33,5 kilometer. 

Tumpeng Menoreh lokasinya ada di kawasan Kebun Teh Nglinggo. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tumpeng Menoreh Tetap Buka, Ada Paket Wisata Privat Lho!"

 

 


LOKASI