UNIKNYA MASJID SAFINATUN NAJAH YANG MENYERUPAI KAPAL NABI NUH

Masjid Safinatun Najah
Masjid Safinatun Najah / Instagram

Liburan tidak melulu harus pergi ke tempat hiburan atau ke destinasi wisata alam. Berbagai tempat untuk wisata religi juga menarik untuk Anda kunjungi, misalnya dengan berziarah atau menjelajahi masjid-masjid indah di Nusantara, contohnya Masjid Safinatun Najah.

Selain untuk mengetahui kekayaan nilai sejarah dan keindahan arsitekturnya, berkunjung ke masjid ini juga akan memberikan pengalaman liburan yang unik dan berbeda.

Selain terkenal akan destinasi wisatanya, banyak juga tempat wisata di Semarang yang Instagramable dan bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Salah satu yang wajib disambangi adalah masjid unik yang satu ini.

Masjid Safinatun Najah jadi salah satu masjid di Semarang yang memiliki desain unik menyerupai kapal Nabi Nuh. Selain unik, desain dalam masjid ini juga memiliki arti tersembunyi.

Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, masjid ini pun dikelilingi dengan kolam air. Hal itu dibuat agar bangunan masjid seolah mengambang di atas air dan juga berguna untuk membersihkan kaki Jemaah sebelum masuk untuk beribadah.

MASJID KAPAL SEMARANG, REPLIKA BAHTERA NUH - Kopi dan Kamu

Masuk ke dalamnya, Masjid As Safinatun Najah ini sendiri memiliki 3 lantai. Pada lantai pertama, masjid ini dilengkapi sejumlah fasilitas umum seperti aula, tempat wudhu dan juga toilet lengkap dengan arsitektur unik. Sedangkan, para pengunjung atau wisatawan dapat melaksanakan salat di lantai dua Masjid As Safinatun Najah ini. Rencananya, lantai 3 bangunan Masjid As Safinatun Najah ini akan dijadikan sebagai perpustakaan.

Kabarnya, kemegahan masjid ini terinspirasi dari Masjid Islamabad yang ada di Pakistan. Sedangkan pada kubahnya yang berwarna hijau tua terinspirasi dari kubah masjid Nabawi di Mekkah, Arab Saudi.

Lokasi Masjid Kapal Nuh : Berada di Kampung Padaan, tepatnya di Jalan Kyai Padak, RT 05 RW 05, kelurahan Podorejo, kecamatan Ngaliyan, Semarang

 

Falsafah khusus Masjid Kapal Nabi Nuh
Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber oleh tim Reservasi.com (20/3/2017), terdapat filosofi khusus kenapa bangunan masjid ini berbentuk bahtera Nabi Nuh.

Sesuai namanya, Safinatul Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir. Oleh sebab itulah masjid ini dibuat menyerupai kapal Nabi Nuh.

Masjid megah dengan bangunan fisik seperti kapal besar lengkap dengan jendela berbentuk bulat, buritan, dan haluan ini berdiri dengan luas bangunan 2.500 meter persegi dan luas lahan seluas sekitar 7.500 meter.

 

 


LOKASI