WAHANA EDUKASI YANG DIBERIKAN NDAYU PARK SRAGEN SALAH STUNYA MINI ZOO

Wisata Ndayu Park
Wisata Ndayu Park / Tribun Solo

Ndayu Park merupakan salah satu rekomendasi taman edukasi yang ramah anak di Kota Sragen. Taman edukasi ini berlokasi tepat di Dusun Gembong, Desa Saradan, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dari alun-alun Kota Sragen, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit lagi untuk sampai di Ndayu Park. Karena itu, taman edukasi ini bisa menjadi destinasi liburan bersama keluarga atau kerabat saat waktu liburan tiba.

Berbagai wahana dan atraksi tersedia di taman wisata keluarga ini. Baik yang bisa digunakan oleh anak-anak maupun untuk orang dewasa. Berikut beberapa diantaranya:

Waterpark & Kolam Renang Ndayu Park

Ndayu Park Sragen

Kolam renang dan waterboom  selalu menjadi daya tarik unggulan Ndayu Park. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara suka untuk menikmati kesegaran wahana air ini. Kolam renang tersedia pada kedalaman bervariasi dengan bagian dangkal untuk anak-anak.

 

Spot primadona yang selalu ramai oleh wisatawan di wahana air tersebut tentu saja waterboom. Berbagai macam seluncur air dengan bermacam-macam ketinggian memberi warna keseruan tersendiri. Mulai dari yang rendah landai hingga seluncuran putar dari ketinggian 10 meter.

Aneka acara outbond berbasis water game dapat juga dilakukan di tempat ini. Wisatawan dapat menikmati semua wahana di waterboom ini sepuasnya tanpa dibatasi waktu.

 

Mini Zoo

Anak-anak antusias melihat Kebo Bule di Ndayu Park Sragen - ndayuparkofficial

Foto : Instagram/ndayuparkofficial

 

Taman Cinta Satwa Ndayu Park menjadi wahana pendidikan terutama bagi wisatawan terutama anak-anak. Kebun binatang mini ini menempati 1 hektar dari total 5 hektar lahan area taman.

Mini zoo memiliki koleksi lengkap lebih dari 80 ekor binatang yang berasal dari 31 jenis satwa. Beberapa di antaranya yaitu Beruang Madu, elang, rusa, merak, kangguru, Kerbau Bule. Selain itu terdapat juga aneka spesies ikan, ular, unggas, buaya, dan kura-kura.

Satwa di Mini Zoo tidak hanya sekedar koleksi namun juga ditangkarkan. Penangkaran dilakukan di bawah pengawasan para ahli, untuk memperbanyak jumlahnya guna melindungi dari kepunahan. Dengan melihat dan memberikan edukasi, wisatawan sudah turut berpartisipasi dalam pelestarian satwa langka Indonesia.

 

Agrowisata

Foto : Instagram/ndayuparkofficial

 

Ndayu Park memiliki tempat bagi berbagai macam sayuran segar dengan sistem hidroponik. Di lokasi ini, wisatawan diajak berpetualang dengan didampingi pemandu agrowisata. Berbagai paket bermain sambil belajar ditawarkan seperti tanam ketela dan tour ke kebun hidroponik.

Wisatawan juga bisa menikmatinya dengan membeli maupun memetik secara langsung. Beberapa tanaman dijumpai seperti gambas, pare, buah naga, buncis, selada, sawi, terung, kubis, dan tomat. Semua tanaman buah dan sayur di taman ini dipupuk dengan pupuk organik.

Ndayu Park juga membangun peternakan dengan desain Edu-eco-and commercial farm. Sistem budi daya ikan air tawar dan peternakan kambing skala besar diperkenalkan. Peternakan ini menghasilkan ternak yang organik dan sehat dari pengelolaan yang sehat.

 

Outbond

Foto : ndayupark.com

 

Bagi wisatawaan yang menyukai tantangan dan uji adrenalin, wahana outbond bisa menjadi pilihan. Bagi anak-anak, wahana menantang ini dapat melatih mental dan kemandirian sekaligus kerja sama tim.

Wahana pemacu adrenalin flying fox menjadi favorit terutama bagi wisatawan dewasa. Sedangkan bagi anak-anak, Tim Outbond Fun Game Ndayu Park merancang konsep “bermain dan menyenangkan”.

Anak-anak diajak berpetualang, menjelajah dan berbagai pembelajaran dengan pola permainan dan praktek langsung. Beragam kegiatan dapat pun dapat dipilih, seperti praktek memerah sapi, atau menangkap ikan dengan jaring.

 

Wahana Air dan Taman Lalu Lintas

wahana sepeda air di taman rekreasi ndayu park sragen

Foto : GoogleMaps/Joko Priyono

 

Bersantai menikmati pemandangan hijaunya alam pedesaan di sekitar Ndayu Park dapat dilakukan di wahana air. Wisatawan dapat menggunakan mendayung perahu mengarungi perairan yang sejuk. Tersedia juga pilihan lain seperti sepeda air Bebek Kayuh maupun Bis Air.

Wahana taman lalu lintas berada di dekat area parkir. Wahana ini merupakan media pengenalan rambu-rambu lalu lintas dan peraturan berkendara terutama bagi siswa.

Wisata di Era New Normal

Bagi yang tertarik untuk berkunjung ke Ndayu Park, catat waktu operasionalnya ya karena Ndayu Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB. Harga tiket masuk Ndayu Park cukup beragam karena masing-masing wahana punya tarif yang berbeda. Namun harga tiket masuk dan tarif wahana masih cukup terjangkau.

  • Tiket Masuk                                       Rp2.000
  • Tiket Kolam Renang Hari Biasa    Rp8.000
  • Tiket Kolam Renang Hari Libur    Rp10.000
  • Kebun Binatang                                 Rp5.000

 

Selama masa pandemi, Ndayu Park menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Taman rekreasi ini berjarak sekitar 20 km dari Kota Solo melewati Palur ke Arah Sragen. Lokasinya berada di Gembong RT. 08/RW. 04, Saradan, Karangmalang, Kec. Karangmalang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah 57222. Kontak 0271-7934800 (085 100 934800)  PIN BB 55874729 atau Whatsapp 085 100 934800, e-mail : [email protected]

 

 


LOKASI