WISATA AIR GUBUG SERUT GUNUNGPATI

Gubug Serut
Gubug Serut / Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas

Dimasa pandemi Covid_19 ini, salah satu  yang patut kita syukuri adalah kita bisa bernafas dan menghirup udara dengan bebas. Menghirup dan menikmati Udara bebas bisa kita dapatkan pula jika kita berwisata di alam bebas, salah satunya du Gubuk Serut yang terletak di Sekaran, Gunungpati.

Gubug Serut yang sempat viral tahun 2020 adalah wisata air yang terletak di Desa Persen, Sekaran, Gunungpati, Gubug Serut hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Semarang. Dekat dengan Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Gubuk Serut cukup mudah dijumpai.

Warga Desa Kersen memanfaatkan aliran Kaligarang sebagai destinasi wisata air. Selain bisa berenang, pengunjung Gubug Serut juga bisa melakukan river tubing atau hanya sekadar berswa foto di beberapa spot yang disediakan.

Kini, antusiasme pengunjung mulai tampak. Setiap harinya jumlah pengunjung bisa mencapai 500-an orang. Hanya dengan uang 2.000 untuk parkir, dan tempat masuk free alias gratis. Jika pengunjung ingin berenang bisa sewa ban sebesar Rp 5.000.

Selain wisata alam, sektor kuliner juga turut dikembangkan. Kuliner khas Semarang, misalnya, gendar pecel juga tersedia dengan hanya Rp 5.000, sudah dapat sepiring penuh. Aneka macam minuman, dari mulai es degan hingga jamu kunir asem, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Prokes harus tetap diterapkan, dimulai dari tiap kesadaran masing-masing individu.

Rute Menuju Gubug Serut
Jika Anda datangnya dari Pusat Kota Semarang, terlebih dulu menuju Kampus Unnes, Sekaran, Gunungpati. Dari kawasan Unnes, silakan menuju Lapangan Banaran atau Pasar Krempyeng yang berada di Jalan Taman Siswa.

Sampai di area tersebut silakan menuju Gang Kalimasada sekaligus nama Jalan Kalimasada. Gang tersebut berada di sebelah kiri Jalan Taman Siswa atau depan Lapangan Banaran dan Pasar Krempyeng. Dari area inilah kewaspadaan berkendara perlu ditingkatkan.

Karena jalanan yang dilewati merupakan area perkampungan, yang menjadikan akses jalan cukup sempit. Kendati demikian pengunjung tak perlu khawatir, jalan menuju Gubuk Serut telah beraspal meskipun hanya memiliki lebar jalan sekira 3 meter.

Sesampai di Kelurahan Persen, akses jalan menuju Gubuk Serut mulai menurun dan sedikit curam. Jika masih bingung dengan lokasinya, silakan buka google maps dan tuliskan Gubug Serut.


 


LOKASI