WISATA BENTENG PENDEM, PENINGGALAN MASA KOLONIAL BELANDA

Wisata Benteng Pendem Ambarawa
Wisata Benteng Pendem Ambarawa / @bogelalim

Hallo sobat dolaners, kali ini saya ingin menceritakan perjalanan singkat saya saat berwisata di salah satu tempat yang paling bersejarah di Kota Ambarawa yaitu Benteng Fort Willem I atau sering disebut dengan Benteng Pendem Ambarawa. Secara geografis Benteng Pendem Ambarawa terletak di Desa Lodoyong, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Untuk akses menuju sana cukup mudah dengan menggunakan transportasi pribadi atau umum, dengan estimasi perjalanan dari Salatiga sampai ke sana sekitar 20 Menit. Lahan parkir lumayan luas untuk kendaraan bermotor ataupun minibus, rekomendasi sih kalau kesana dengan menggunakan sepeda motor saja, karena jalan masuk yang sempit pas hanya untuk satu mobil saja. Benteng Fort Willem I sendiripun didirikan oleh Belanda pada tahun 1834 - 1845, berarsitektur Belanda dan sampai sekarang bangunanya masih asli, itulah yang membuat Benteng Pendem Ambarawa ini terlihat unik dan bernilai artistik yang tinggi, sehingga saat kita berada di sini kita seperti terbawa ke zaman Kolonial Belanda dulu.

@bogelalim

Benteng Pendem tak pernah sepi dari pengunjung, paling rame pagi dan sore, banyak muda-mudi datang kesini hanya untuk sekedar foto-foto dengan latar belakang arsitektur unik Belanda.

Sinopsis Film Soekarno, Sejak Kecil Memimpikan Memerdekakan Bangsa

https://jateng.tribunnews.com/2013/12/19/soekarno-sejak-kecil-mempimpikan-memerdekakan-bangsa

Tak hanya itu Benteng Pendem Ambarawa juga sering di gunakan untuk foto model atau foto preweding dengan latar belakang bangunan tua akan memunculkan sisi estetika yang lebih dalam, dan juga tempat ini pernah di buat syuting film soekarno karya sutradara Hanung Bramantyo.

Benteng Pendem Ambarawa masih aktif digunakan untuk Lembaga Pemasyarakatan kelas 2A. Sehingga pengunjung hanya bisa mengunjungi Benteng Pendem ini di bagian sisi utaranya saja. Benteng Pendem sendiri terdiri dari 2 lantai, namun hanya lantai 1 yang boleh di kunjungi oleh pengunjung, dikarenan lantai 2 masih digunakan untuk tempat tinggal pegawai lapas. Benteng Pendem Ambarawa buka dari jam 08.00 - 15.00 WIB. Secara fasilitas Benteng Pendem di lengkapi dengan lahan parkir yang cukup luas, WC umum & mushola. Tapi untuk minum atau cemilan lebih baik membawa sendiri dari rumah dan dengan hanya 5.000/orang kamu sudah bisa menikmati wisata ini. Gimana sobat dolaners, tertarik? Yuk Dolan!


LOKASI