WISATA DESA UNIK DI JAWA TENGAH YANG WAJIB MASUK DALAM BUCKET LIST

Desa Wisata Candirejo
Desa Wisata Candirejo / Pegi Pegi

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang giat mengembangkan desa wisata dan menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang saat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat yang berada di area perkotaan. Selain dari segi sosial budaya kini desa wisata memang memberikan pengalaman wisata yang lain dari yang lain, berbeda dengan wisata alam maupun buatan pada umumnya. 

Salah satu wilayah dengan desa wisata terbaik terdapat di Provinsi Jawa Tengah dengan berbagai keunikan budaya jawa kental dan panorama alam menakjubkan. Berikut  beberapa desa wisata unik di Jawa Tengah berikut ini.

1. Desa Wisata Candirejo

Desa wisata Candirejo terletak 4km di sebelah timur kompleks wilayah Candi Borobudur. Candirejo menawarkan wisata alam yang menakjubkan dengan perpaduan lanskap gunung Menoreh dan suasana pedesaan yang masih alami.

Semen Indonesia kemudia membangun desa Wisata Candirejo menjadi desa wisata yang mengusung Waroeng Rejo, sebuah wisata air di sekitar Kali Progo. Pengunjung akan diajak menikmati derasnya sungai progo dengan rafting. Berbeda dengan rafting kebanyakan yang memakai perahu karet, rafting di desa wisata Candirejo menggunakan gethek atau biasa dikenal dengan rakit yang terbuat dari bambu. Pilihan wisata yang menantang adrenalin ini tentu tidak bisa dilewatkan oleh mereka yang menyukai tantangan.

2. Desa Wisata Panusupan

5 Desa Wisata di Jawa Tengah yang Menarik untuk Dikunjungi

Desa Wisata Panusupan sudah menjadi salah satu wisata menarik yang terdapat di Purbalingga, di mana sempat menjadi hits pada tahun 2017 karena keindahan alamnya. Desa wisata yang terletak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga ini mempunyai hawa sejuk karena berada di Dataran Tinggi Dieng. Uniknya desa wisata ini dipenuhi oleh spot foto yang instagenic dengan pemandangan yang memang memukau dan mengandalkan keaslian dari alam tersebut, yang masih asri. 

3. Desa Wisata Lerep

Selanjutnya ada Desa Wisata Lerep yang berlokasi di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Desa ini terletak pada area perbukitan dengan pemandangan Gunung Ungaran yang memukau, serta masih cukup alami di mana terdapat Air Terjun Indrokilo yang indah. Di samping itu, terdapat beragam keunikan budaya di desa ini yang dapat dijadikan daya tarik wisata setempat, berupa tradisi iridan, sadranan dan lainnya. 

4. Desa Wisata Kemetul

Wisata Daerah Salatiga

Tren wisata sawah fotogenik memang sedang digandrungi oleh para pelancong. Setelah kemunculan sawah Sukorame di Mangunan, kini giliran sawah instagenik di Desa Wisata Kemetul Semarang yang jadi incaran. Sama halnya dengan Sawah Sukorame, sawah di Desa Wisata Kemetul Semarang juga sajikan panorama alam yang cantik. Hijaunya pohon padi yang tertanam dengan rapi serta jembatan kayu di atasnya membuat spot ini begitu asyik untuk hunting foto.

Desa yang dibangun dengan usaha swadaya bersama ini juga dilengkapi dengan deretan gazebo cantik berwarna-warni. Gazebo ini dibangun di sepanjang tepian sawah. Biasanya pengunjung memanfaatkannya untuk beristirahat sambil menikmati hijaunya persawahaan di Desa Wisata Kemetul Semarang. Beberapa juga memanfaatkannya untuk berfoto.

5. Desa Wisata Malahayu

5 Desa Wisata di Jawa Tengah yang Menarik untuk Dikunjungi

Terakhir ada Desa Wisata Malahayu yang terletak di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Desa wisata ini menghadirkan berbagai objek wisata menarik, seperti Waduk Malahayu, Situs Benteng Dinamit, BBM Fantasy Land dan lainnya. Selain itu desa yang masyarakatnya berbahasa Sunda ini memiliki beberapa acara adat budaya yang sangat menarik. Serta terdapat berbagai kuliner setempat yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa dan Sunda yang menarik. 


LOKASI