WISATA SEKITAR TOL KAHYANGAN MAGELANG

Tol Kahyangan DIeng.
Tol Kahyangan DIeng. / ©YouTube/Ganjar Pranowo

Tol Kahyangan di Magelang sedang hits dan dibicarakan oleh para wisatawan. Selain karena Pemandangan yang indah ketika kita sedang melaju melewati tol tersebut, disana juga ada banyak tempat wisata yang sayang buat dilewatkan. Meskipun beberapa tempat wisata masih tutup karena PPKM level 2-4, namun ulasan ini bisa dijadikan reverensi jika keadaan sudah membaik.

1. Pinus Kragilan

Pinusan Kragilan, Hutan Pinus “Instagrammable” di Lereng Barat Gunung  Merbabu

Wisata Hutan Pinus Kragilan berada di Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jarak Pinus Kragilan dari Tol Kahyangan Suwanting hanya sekitar 11 kilometer (km) melalui Ketep Pass yang jalannya bagus. Tempat wisata yang ada di tengah hutan pinus ini pas untuk para pencinta selfie. Selain bisa berfoto dengan latar belakang hutan pinus, ada pula spot selfie. 

2. Air Terjun Kedung Kayang

Kejutan Bertubi-tubi di Curug Kedung Kayang

Tempat wisata yang satu ini jaraknya paling dekat dengan Tol Kahyangan Magelang, yakni hanya sekitar 3 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 7 menit. Air Terjun Kedung Kayang juga berlokasi di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, sama dengan Tol Kahyangan.

Wisatawan dapat menyaksikan keindahan air terjun ini dari atas atau turun menuju titik air terjun. Namun, persiapkan fisik jika hendak melakukan perjalanan turun karena jalurnya cukup melelahkan. 

3. Ketep Pass 

Ketep Pass, Menikmati Keindahan Alam Gunung Kembar di Magelang - Java Travel
Ketep Pass hanya berjarak sekitar 5,5 km dari Tol Kahyangan. Waktu tempuhnya kurang-lebih hanya 15 menit.

Adapun, pengunjung yang datang dari arah Magelang dan Yogyakarta akan melewati kawasan Ketep Pass terlebih dahulu untuk menuju Tol Kahyangan. Ketep Pass menawarkan keindahan panorama Gunung Merapi yang menawan. Ada pula bioskop mini yang memutar film seputar Gunung Merapi, sehingga bisa menambah wawasan pengunjung. 

4. Grojogan Kapuhan 

Grojogan Kapuhan Magelang, Tempat Wisata Baru Mirip Air Terjun

Selain Kedung Kayang, masih ada satu air terjun lagi yang lokasinya tak jauh dari Tol Kahyangan Magelang, yaitu Grojogan Kapuhan adalah nama air terjun itu yang berada di Desa Kapuhan, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Jarak tempuh menuju air terjun ini dari Tol Kahyangan hanya 9 km dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit. Grojogan Kapuhan sebenarnya adalah bendungan. Meski begitu, air terjun ini tetap indah dengan taman di pinggir aliran sungai. 

5. Bukit Sanjaya, Boyolali 

Bukit Sanjaya Selo, Foto di Replika Gapura Lempuyang Bali Halaman all -  Kompas.com

Jarak tempuh menuju Bukit Sanjaya dari Tol Kahyangan adalah sekitar 14 km dengan waktu tempuh kurang-lebih setengah jam.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tempat Wisata Sekitar Tol Kahyangan Magelang, Hutan Pinus sampai Air Terjun"

 


LOKASI