DESTINASI WISATA DI BANYUMAS YANG AKAN DIBUKA UNTUK MERAYAKAN LIBUR LEBARAN 2022

Taman Mas Kemambang Purwokerto. BLUD diminta kreatif mengelola obwis yang dikelolanya.
Taman Mas Kemambang Purwokerto. BLUD diminta kreatif mengelola obwis yang dikelolanya. / (DIMAS PRABOWO/RADARMAS)

Untuk memeriahkan hari raya Lebaran 2022 nanti Kabupaten Banyumas akan membuka empat destinasi wisata baru yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan menggunakan bus wisata gratis yang telah disediakan. Keempat destinasi wisata baru tersebut adalah : Menara Pandang Indraprana Baturraden, Taman Apung Mas Kemambang Purwokerto, Menara Pandang Purwokerto, dan Madhang Maning Park Purwokerto.

 

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Taryono mengatakan saat ini ada lima armada bus untuk empat titik keberangkatan yaitu Alun-Alun Banyumas, Baturraden, Taman Rakyat Andhang Pangrenan, dan Taman Pangsar Soedirman 1 bus. Sedangkan satu bus dijadikan sebagai cadangan. Dengan bertambahnya obyek wisata baru di Banyumas, maka bus wisata nantinya juga akan melewati destinasi wisata tersebut. Dengan pembukaan Jalan Bung Karno, dengan segala potensi wisata di dalamnya, Bupati Banyumas, Achmad Husien memang meminta rute bus wisata dihubungkan semua.

Dimasukkannya destinasi wisata baru dalam rute bus wisata gratis kemungkinan baru akan dilakukan usai Lebaran. Akan ada dua alternatif rute yang akan diberlakukan :

Alternatif Pertama, empat bus sesuai dengan rute awal, kemudian bus cadangan dioperasikan untuk rute khusus di jalur wisata baru di kota seperti Taman Mas Kumambang dan wisata di Jalan Bung Karno.

Alternatif Kedua, empat rute yang ada akan dievaluasi, dan satu bus tetap dijadikan sebagai armada cadangan.

Untuk rute yang sudah melewati obyek wisata baru, nantinya akan dibuat tempat pemberhentiannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani sempat mengatakan, keempat destinasi wisata baru tersebut nantinya dikelola oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pariwisata.

"Lokawisata Baturraden yang selama ini menjadi andalan Banyumas juga akan dikelola oleh BLUD Pariwisata," kata Asis.

Asis mengharapkan dengan adanya BLUD Pariwisata, strategi pemasaran dan pengelolaan sejumlah objek wisata di Banyumas akan lebih maksimal.



Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Libur Lebaran 2022, Empat Destinasi Wisata Baru Banyumas Ini Masuk Rute Bus Wisata Gratis.


LOKASI