DISHUB KOTA SEMARANG MEMPERSIAPKAN JALUR ALTERNATIF BAGI PEMUDIK YANG LEWAT KOTA SEMARANG

Jalan Pandanaran kota Semarang
Jalan Pandanaran kota Semarang / TribunJateng.com

Berniat untuk mudik melewati kota Semarang? Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang telah menyiapkan jalur alternatif mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran 2022. Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, akan melakukan penambahan rambu lalu lintas terutama di jalur alternatif untuk memperlancar pelaksanaan arus mudik Lebaran 2022.

Rambu lalu lintas yang akan dipasang di antaranya penunjuk arah jalan, batasan kecepatan, dan kondisi geografis jalan. Rambu itu terutama diperuntukkan untuk pemudik  yang menggunakan roda dua. Jalur alternatif di Kota Semarang sendiri, yakni jalur Kendal - Ungaran melalui Gunungpati.

Pengendara dari arah barat yang hendak ke Solo dan sekitarnya bisa melalui jalur Sukorejo - Boja - Gunungpati, hingga tembus ke Ungaran. Dengan jalur alternatif ini, pengendara dari arah barat tidak perlu melewati pusat Kota Semarang. Sehingga, kemacetan arus lalu lintas di pusat kota bisa diminimalisir. 

Selain jalur alternatif, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang juga meminimalisir potensi kemacetan yang bisa saja terjadi selama mudik Lebaran 2022, di antaranya di pusat-pusat perbelanjaan, pusat oleh-oleh, dan pasar tumpah seperti kawasan Pandanaran dan Simpanglima. Kemudian, atensi prioritas di Pasar Mangkang karena berada di Jalan pantura yang menjadi jalur mudik,.

Selain itu Dishub juga telah melakukan mapping rencana pendirian pos pantau mudik Lebaran 2022. Ada enam pos pantau yang akan disiapkan yaitu pos induk di Tugu Muda, pos DKK Jalan Pandanaran, pos ATCS Dishub, pos Terminal Cangkiran, Pos Terminal Gunungpati, dan Pos Terboyo. 

Tol Kalikangkung Jadi Fokus Utama Arus Balik dari Jawa Tengah

Selain enam pos tersebut, pihaknya juga akan menyiapkan personil di pos di Terminal Mangkang meskipun terminal itu menjadi ranah Kementerian Perhubungan. Pintu gerbang Tol Kalikangkung juga menjadi pos induk atau gabungan dari Dishub Provinsi Jawa Tengah, Dislantas, dan instansi terkait lainnya. 

Pada mudik Lebaran 2022 ini, ada pos pantau yang bakal dibuat berbeda dari biasanya yaitu akan disertai pameran UMKM yang akan ditempatkan di pameran UMKM di Pos DKK Jalan Pandanaran.

Endro juga mengimbau para pemudik khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi ayar benar-benar mempersiapkan kondisi fisik pengendaran sekaligus kondisi kendaraannya mulai dari mesin, ban, tekanan angin. 



Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Ini Jalur Alternatif Bagi Pemudik Melintasi Kota Semarang Tanpa Harus Terjebak Macet di Pusat Kota.


LOKASI